29/05/2019
Sekdis Dukcapil KLU, Tresnahadi,S.Pt

Tanjung,(SK), – Dinas kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) Lombok Utara mulai melayani program Bakso Urat (Buat Akte Kelahiran Secara Online Untuk Masyarakat). Pelayanan pembuatan akte kelahiran secara online untuk masyarakat (Bakso Urat) merupakan upaya pemerintah khususnya Dukcapil dalam meningkatkan kualitas pelayanan ke pada masyarakat Lombok Utara, (28/5/2019).

Seperti yang di sampaikan oleh Sekdis Dukcapil Lombok Utara Tresnahadi, S.Pt., “Mulai tahun ini kami sudah melakukan pelayanan pembuatan akte kelahiran secara online untuk masyarakat atau kita singkat dengan kata “Bakso Urat”. Kata ini kami pilih agar ada daya tarik tersendiri dari masyarakat dan rasa penasaran tentang program ini. Program ini merupakan tindak lanjut dari Permendagri No. 7 tahun 2019 tentang pelayanan adminduk secara Daring”, ungkapnya.

Untuk mendaftar atau membuka aplikasi ini cukup membuka Google dengan link “layanan online Dukcapil kemendagri”. Langkah selanjutnya adalah membuat akun dengan mengisi kolom
NAMA
NIK
NO HP
PASSWORD
EMAIL kemudian dikirim utuk mendapatkan kode aktivasi sms.

Setelah mendapatkan kode sms maka akun sudah aktif sehingga bisa langsung masuk (login) ke layanan akta kelahiran online. Dilanjutkan dengan memilih menu permohonan akta kelahiran online anak yang telah memiliki NIK, dilanjutkan dengan mengisi kolom data anak, data ayah, data ibu dan data dua orang saksi.

Setelah semua terisi kemudian mengirim data administrasi berupa persyaratan warga untuk bisa membuat akte kelahiran secara online harus melengkapi berkas – berkas yang sesuai dengan permintaan pada aplikasi
1 KK (kartu keluarga) asli
2 KTP-el suami istri asli
3 Buku Nikah asli/SPTJM, (Surat Penyataan Tanggung Jawab Mutlak) kebenaran sebagai suami istri.
4 Surat Keterangan Lahir dari paramedis asli/SPTJM Kebenaran data kelahiran setelah lengkap persyaratan permohonan di unggah, Dikirim ke sisten yang ada di dinas dukcapil lombok utara untuk di ferifikasi”, terangnya.

“Setelah di verifikasi dan dinyatakan lengkap maka akan di proses untuk mendapatkan tanda tangan elektonik kadis dukcapil, kutipan akta kelahiran online siap dicetak bisa dicetak di kantor dukcapil atau dicetak sendiri dirumah oleh pemohon di rumah dengan menggunakan kertas A4. Akta kelahiran akan dikirim ke pemohon lewat email pemohon”, urai Tresnahadi.

Untuk diketahui lanjut Tresnahadi “yang membuat akun adalah kepala keluarga jadi satu akun untuk satu keluarga”. Dengan adanya program Bakso Urat diharapkan masyarakat bisa lebih mudah untuk mendapatkan pelayanan akta kelahiran karena bisa dilakukan dari rumah dengan menggunakan hp android”, katanya.

“Bagi masyarakat yang belum faham cara membuat akun atau mengisi kolom permohonan di aplikasi “Bakso Urat” bisa minta bantuan kepada keluarga yang lain tetangga atau sahabat serta pokja adminduk desa operator SID yang ada di desa, Intinya bagaimana program BAKSO URAT bisa dilaksanakan dengan baik untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat”, tutup Tresnahadi. (MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *