Apa itu Suara Komunitas?

Suara Komunitas merupakan jejaring media komunitas dan jurnalis warga yang bertujuan untuk menegakkan hak kebebasan berekspresi warga negara. Para pegiat Suara Komunitas melakukan kerja-kerja jurnalistik untuk mendorong tata kelola kebijakan publik yang memihak pada rakyat yang terpinggirkan

Siapa pendiri Suara Komunitas?

Suara Komunitas didirikan oleh para pegiat media komunitas dari sejumlah wilayah di Indonesia bersama Combine Resource Institution pada 2008, dan ditandai dengan peluncuran portal www.suarakomunitas.net yang mewadahi karya jurnalistik dari pegiat Suara Komunitas. (link artikel tentang sejarah www.suarakomunitas.net)

Visi dan Misi Suara Komunitas

Visi
Terciptanya kebebasan berekspresi warga negara dan tersuarakannya kepentingan warga yang termarginalkan

Misi
(1) Menyelenggarakan kegiatan pengelolaan informasi warga melalui metode jurnalistik
(2) Mengembangkan kapasitas pewarta warga di bidang jurnalistik dan advokasi
(3) Menyuarakan hak-hak warga yang termarjinalkan

Siapa anggota Suara Komunitas?

  • Anggota Suara Komunitas adalah pihak-pihak yang terlibat dalam proses pendirian, pengelolaan maupun pengembangan Suara Komunitas.
  • Keanggotaan Suara Komunitas bersifat sukarela.
  • Seseorang mendapat bukti keanggotaan berupa kartu tanda anggota setelah melalui serangkaian proses pengembangan kapasitas di Suara Komunitas dan mendapat rekomendasi dari editor setempat atau minimal dua orang pewarta suara komunitas aktif, yang untuk selanjutnya disebut sebagai Pewarta Suara Komunitas. Sejauh ini, Pewarta Suara Komunitas berasal dari para pegiat media komunitas, seperti radio komunitas, buletin komunitas, dan warga biasa.
  • Seorang anggota disebut aktif jika memberi kontribusi terhadap pengelolaan dan pengembangan Suara Komunitas dalam kurun waktu satu tahun terakhir, yang dibuktikan antara lain dengan melakukan salah satu aktivitas sebagai berikut :
    – Menulis minimal 1 kali dalam 6 bulan, mengedit tulisan minimal 2 dalam 6 bulan (untuk editor), membangun jaringan (regenerasi) yang dibuktikan dengan adanya satu kontributor baru dalam satu tahun, mengkampanyekan konten suarakomunitas.net melalui beragam jenis media.

Siapa pengelola Suara Komunitas?

Pengelolan Suara Komunitas dikoordinasi oleh tim pengurus Suara Komunitas. Pengurus Suara Komunitas adalah sejumlah orang yang diberi mandat dari Pewarta Suara Komunitas untuk mengelola jejaring Suara Komunitas dan portal suarakomunitas.net dalam periode waktu dua tahun. Pengurus terdiri dari sejumlah perwakilan Pewarta Suara Komunitas dan perwakilan Combine Resource Institution.

Hak dan kewajiban Pewarta Suara Komunitas

Hak

  • memberi saran dan masukan untuk menentukan arah pengelolaan dan pengembangan Suara Komunitas
  • memiliki hak suara dalam pemilihan editor nasional
  • mendapat penguatan kapasitas di bidang jurnalistik
  • mengorganisir kegiatan pengembangan dan penguatan kapasitas jurnalis warga dengan menggunakan nama Suara Komunitas atas sepengetahuan editor nasional
  • mendapat pendampingan hukum terkait dengan aktivitas jurnalistiknya
  • memiliki hak yang sama untuk dimuat karyanya di suarakomunitas.net selama karya tersebut memenuhi kaidah jurnalistik
  • memilih editor di wilayahnya masing-masing

Kewajiban

  • melakukan tugas sesuai dengan peran yang disepakati
  • mengirim karya jurnalistik minimal satu kali dalam enam bulan
  • mematuhi kode etik jurnalistik Suara Komunitas, kode etik wartawan indonesia maupun pedoman pemberitaan media siber
  • mengikuti pedoman penulisan bahasa indonesia
  • menjaga nama baik dan kredibilitas Suara Komunitas
  • seluruh pewarta Suara Komunitas berkomunikasi secara intens melalui saluran-saluran komunikasi yang disepakati.

Apa pentingnya Suara Komunitas?

Suara Komunitas hadir sebagai sarana untuk menyalurkan suara warga, khususnya akar rumput. Suara komunitas melihat selama ini terjadi dominasi informasi yang mengesampingkan akses, kebutuhan dan kemampuan produksi informasi oleh warga akar rumput. Suara Komunitas memimpikan masyarakat memiliki kekuatan tawar di hadapan pihak-pihak yang berwenang sehingga bisa ikut menentukan arah kemajuan bangsa. Selain itu, Suara Komunitas mendorong komunikasi dua arah antara masyarakat akar rumput dengan pihak-pihak yang berwenang.

Informasi apa yang dikelola oleh Suara Komunitas?

Suara Komunitas menyebarluaskan informasi-informasi di tingkat lokal baik berupa tulisan, foto, video, dan audio yang menyangkut kebutuhan dan kepentingan warga akar rumput. Suara Komunitas menyebarluaskan informasi yang dibuat para pegiat media komunitas maupun jurnalis warga kepada pihak-pihak yang terkait.

Apakah saya mendapat perlindungan dalam mencari informasi?

Setiap pegiat media komunitas maupun jurnalis warga yang tergabung dalam Suara Komunitas berhak melakukan kegiatan memproduksi, mendistribusikan dan mengonsumsi informasi. Hak tersebut tersebut antara lain dijamin dalam Undang-undang Dasar 1945 Pasal 28 F : “Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.”

Untuk menjamin perlindungan hukum, setiap Pewarta Suara Komunitas wajib mematuhi kode etik .jurnalistik. Selain itu, Pewarta Suara Komunitas didorong untuk bergabung dengan organisasi profesi jurnalis yang mengakomodasi jurnalis warga menjadi anggotanya, misalnya Aliansi Jurnalis Independen.

Kode Etik Pewarta Suara Komunitas

Pewarta Suara Komunitas harus tunduk pada Kode Etik Pewarta Suara Komunitas. Setiap indikasi pelanggaran kode etik dapat diadukan ke Komite Pengaduan Suara Komunitas, dan jika terbukti melanggar maka pelaku wajib mempertanggungjawabkan perbuatannya, untuk selanjutnya bisa mendapat sanksi berupa keanggotaan yang dibekukan, maupun kasus pelanggarannya dipublikasikan di suarakomunitas.net.

Lisensi

Seluruh produk Suara Komunitas berada di bawah lisensi Creative Commons (CC-BY-SA). Siapapun diperbolehkan menggunakan sebagian atau seluruh produk Suara Komunitas dengan menyebutkan sumber, dan mereka juga memperbolehkan produknya untuk digunakan dengan aturan serupa. Pelanggaran terhadap ketentuan ini juga akan diproses sesuai perundangan yang berlaku di Indonesia.

Kantor Redaksi

Suara Komunitas
Jalan KH Ali Maksum No 183, Pelemsewu, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta 55188.
Telp/Fax: 0274-411123
E-mail: redaksi@suarakomunitas.net
Website: https://suarakomunitas.net
Twitter: @suarakomunitas
Facebook: http://www.facebook.com/groups/suarakomunitas/