16/03/2017

MASAMBA (SK) —– Ada yang menarik dalam pelaksanaan Sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan Pelatihan Pengelolaan Website SKPD/PPID yang dihelat Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Luwu Utara, Kamis 16 Maret 2017, di Aula BAPPEDA. Dalam kegiatan tersebut, seluruh peserta bersepakat agar Kominfo menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik bagi PPID dan seluruh admin website SKPD guna mendukung kerja-kerja PPID ke depan.
 

Usulan tersebut mendapat tanggapan positif dari Kominfo, dan menjadikan usulan itu sebagai rekomendasi utama Sosialisasi PPID. “Seluruh PPID dan admin website SKPD harus bisa menjadi penulis berita yang baik layaknya seorang wartawan. Mereka harus berfungsi sebagai humas. Dia harus bisa menulis berita terkait kegiatan apa yang dilakukan SKPD-nya. Olehnya itu, pelatihan jurnalistik menjadi rekomendasi kita,” ujar Kadis Kominfo, Arief Palallo.
 

Sebelumnya Asisten II Syamsul Syair dalam sambutan tertulis Bupati mengatakan, informasi adalah kebutuhan mendesak setiap manusia yang harus dipenuhi. Hak memperoleh informasi, kata Syamsul, merupakan hak azasi setiap manusia serta keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri terpenting negara demokratis yang harus dijunjung tinggi.
 

“Informasi adalah kebutuhan yang sangat mendesak, karena merupakan hak asasi setiap manusia, dan keterbukaan informasi adalah ciri negara demokratis yang perlu kita lestarikan. Olehnya itu, pemerintah harus terbuka atas segala informasi, karena jika pemerintah tidak transparan, terkesan tertutup, maka bisa menimbulkan terjadinya korupsi politik dan penyalahgunaan jabatan publik,” ujar Syamsul.
 

Sosialisasi PPID dan Pelatihan Pengelolaan Website SKPD dihadiri para Sekretaris SKPD dan para operator website masing-masing SKPD. Namun dalam pantauan media ini, sebagian Sekretaris diwakili karena berbagai alasan. Ada yang menjelang purnabhakti alias pensiun, ada yang sakit dan ada pula yang mempunyai kegiatan di luar daerah. Meski demikian, acara Sosialisasi berlangsung tertib dan lancar. Untuk Pelatihan Admin Website SKPD rencananya akan berlangsun 17 dan 18 Maret besok (Lukman Hamarong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *