28/11/2018

Emilia Suhaimi, Dirut LLP-KUKM Kementerian Koperasi dan UKM. Foto : Tribun

 

Jakarta (SK) – Sebagai upaya untuk mengembangkan potensi lokal dan mendorong pertumbuhan ekonominya, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM aktif memasarkan produk-produk unggulan daerah. Salah satunya yang diangkat kali ini adalah budaya dan produk unggulan dari wilayah Jawa Timur.

Melalui Badan Layanan Umum Kementerian Koperasi dan UKM yaitu, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP – KUKM), produk-produk unggulan daerah dari Jawa Timur khususnya dari Madura dipamerkan dalam event Ragam Kriyanusa Jawa Timur Dalam Etnik Kontemporer Di Era Revolusi Industri 4.0 di rumah Smesco Indonesia. Diyakini melalui ajang penting ini, produk – produk unggulan dan budaya Jawa Timur khususnya dari Madura akan semakin dikenal.

Direktur Utama LLP-KUKM Kementerian Koperasi dan UKM, Emilia Suhaimi, mengatakan Jawa Timur menjadi propinsi kedua yang paling banyak memberikan kontribusi terhadap ekspornya. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) sejak Januari – Oktober 2018, share ekspor produk dari Jawa Timur mencapai 10,72 persen atau setara USD16,18 miliar dari total ekspor yang mencapai USD150,88 miliar. Share ekspor dari wilayah Jawa Timur ini tentunya meliputi wilayah Madura dan l wilayah lainnya baik dalam bentuk migas maupun non migas.

“Event ini tentu strategis dan penting utamanya ketika kita mengangkat tema Madura, karena kebanyakan masyarakat kita memiliki stereo type yang khas, yang tidak lengkap tentang masyarakat dan budaya Madura. Bukan hanya Karapan Sapi yang terkenal dari Madura, tetapi banyak lagi produk unggulan yang perlu diperkenalkan kepada masyarakat luas,” kata Emilia Suhaimi dalam sambutannya pada acara yang berta Madura Menjemput Asa Menembus Batas di Gedung Smesco Indonesia, Rabu (28/11).

Emilia berharap melalui ajang ini kedepan produk-produk khas Madura dan dari wilayah lain di Jawa Timur semakin berkembang dan dapat menembus pasar ekspor. Event Madura ini merupakan kerjasama antara smesco Indonesia dengan Pemda Jawa Timur khususnya Pemda 4 Kabupaten se Madura dan Kediri.

Dalam event ini juga dilaksanakan serangkaian acara berupa pameran aneka produk unggulan dan dimeriahkan oleh fashion show Seset Art, Tarian Songsong Senom, drama tari Panji Asmarantaka, dan berbagai demo seperti; demo membatik, demo lukis kain, demo lukis tas, demo ukiran/warangka keris, demo lukis bakar, serta kuliner khas Madura. Selain itu juga diadakan pemberian penghargaan kepada lima Bupati yaitu Bupati Bangkalan, Bupati Sampang, Bupati Pemekasan, Bupati Sumenep dan Bupati Kediri atas prestasinya dalam membina dan mengembangkan KUKM di daerahnya.

“Pendek kata, inilah saatnya kita berkangen – kangenan, bergembira dalam suasana citarasa Madura dan Kediri,” pungkas Emilia. (JS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *