20/01/2018

Toya, SK – Speaker Kampung adalah satu-satunya media komunitas di Lombok Timur yang konsen mengangkat suara akar rumput dan kaum yang termarjinalkan.

Agar suara akar rumput bisa di dengar pemerintah maka, penggiat media komunitas Speaker Kampung Koordinator Jurnalis Warga (KJW) Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara terus berupaya membina dan melatih Jurnalisme Warga (JW) menjadi penulis profesional karena dengan tulisan secara tidak langsung bisa mengangakat isu yang terjadi disekitar kita.

Untuk itu, diawal tahun 2018 ini penggiat media komunitas Speaker Kampung dibawah binaan Hajad Guna Roasmadi atau Eros ini mengundang, mengajak dan memfasilitasi warga agar mau menjadi penulis handal dan profesional.

“Kita bina mereka dan kita ajari mereka bagaimana menjadi seorang penulis yang handal dan isi tulisan itu tentu yang berintegritas dan ada manfaatnya bagi masyarakat luas,” terang Eros.

Bertempat di rumah Kadus Pertemuan, Desa Toya, Kecamatan Aimel. Puluhan JW ikut hadir diacara mentoring tersebut. Mereka dilatih tekhnik wawancara. dengan mendatangi narasumber. Kemudian, hasil wawancara tersebut dijadikan tulisan.

Dari hasil tulisan JW itu kemudian dipoles sedemikian rupa. Nah, disinilah tugas seorang Editor untuk meramu tulisan itu agar menjadi tulisan yang baik dan indah dibaca.

Editor media komunitas Speaker Kampung Anggar, pada kesempatan itu menyampaikan kepada JW bahwa kita punya kewajiban untuk menyampaikan aspirasi warga kepada pemerintah terutama hak dasar warga yang selama ini kadang belum sepenuhnya tersentuh oleh kebijakan pemerintah.

“Sebaik -baik manusia adalah manusia dalam pengabdiannya membawa manfaat buat orang banyak,” tegas Anggar didepan anggota komunitasnya. (Fikri)

Foto Speaker Kampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *