20/08/2018

Masamba —- Baru-baru ini Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, melalui Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Sekretariat Daerah, mengumumkan 9 inovasi pelayanan publik yang masuk ke dalam Top 9 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kabupaten Luwu Utara. Pengumuman dilakukan di acara Resepsi Kenegaraan, Jumat (17/8), di Rujab Bupati. Bupati Lutra yang memberikan piagam penghargaan Top 9 tersebut.

Menariknya, dari 9 inovasi, ada 4 inovasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) yang masuk Top 9 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kabupaten Luwu Utara. Hebatnya lagi, 5 besar dikuasai Dinas Kesehatan. Hanya posisi 2 yang lepas dan ditempati Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) melalui inovasi “Mata Pintar Menjawab” dengan innovator Misbah. Posisi 1, 3, 4 dan 5 semuanya diduduki Dinas Kesehatan.

Posisi 1 ada inovasi “Kantong Penyelamat Ibu dan Bayi” dengan inovator Anjas Rusli. Posisi 3 inovasi “Kopi Gaul Keren” (Iin Fauzia Frida). Posisi 4 inovasi “Abdi Kesmas” (Ni Nyoman Puspito). Dan posisi 5 inovasi “Frozen Barbie” (Misbah Nur). Atas capaian tersebut, tidak berlebihan jika 2018 adalah tahun inovasi bagi Dinas Kesehatan. Terlebih lagi, inovasi Dinkes lainnya, ANC Hipnoterapi, juga tembus Top 99 Sinovik KemenPAN-RB.

“Tahun ini adalah tahun inovasi bagi Dinas Kesehatan. Betapa tidak, ada 4 dari 9 inovasi yang lolos masuk ke dalam Top 9 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Luwu Utara atau 44,44% dari total inovasi terbaik tahun ini berasal dari Dinas Kesehatan,” tutur Anjas Rusli, Minggu (19/8), di Masamba. “Saya kira hal ini patut kita syukuri dan berbangga, tetapi bukan untuk jumawa,” sambung Anjas.

Anjas Rusli yang juga Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat ini mengatakan, Dinas Kesehatan selalu berusaha secara maksimal memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan berupaya mempersembahkan yang terbaik pula untuk Luwu Utara. “Semoga pencapaian ini menjadi berkah dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Luwu Utara. Kujaga Sehatku Segenap Jiwa Ragaku,” tutup Anjas.

Berikut daftar lengkap inovasi yang masuk ke dalam Top 9 KIPP Luwu Utara: (1) Kantong Penyelamat Ibu dan Bayi (Anjas Rusli/Dinkes); (2) Mata Pintar Menjawab (Misbah/PMD); (3) Kopi Gaul Keren (Iin Fauzia Frida/Dinkes); (4) Abdi Kesmas (Ni Nyoman Puspito/Dinkes); (5) Frozen Barbie (Misbah Nur/Dinkes); (6) Menangkar Aplikasi Menuai Efisiensi (Nirwan Syakir/Diskominfo); (7) Pengusaha Kampung Mitra Pengusaha Kota (Muslim Muhtar/DP2KUKM); (8) Kampung Konsevasi Pesisir Menuju Lestari (Muharwan/Dinas Perikanan); dan (9) Perizinan Berbagi (Touris/DPMPTSP). (man)

Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *