18/04/2019
Bertempat di Lapangan Tioq Tata Tunaq Tanjung, Bupati Lombok Utara Dr H,Najmul Akhyar, SH,MH menutup rangkaian acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VIII tahun 2019 tingkat Kabupaten Lombok Utara (9/4/2019).

Tanjung, (SK )– Bertempat di Lapangan Umum Tioq Tata Tunaq ( dulu Supersemar ) Tanjung, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH., menutup rangkaian acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VIII tahun 2019 tingkat Kabupaten Lombok Utara, Selasa malam, (09/04/2019).

Hadir mendampingi Bupati Lombok Utara pada penutupan MTQ diantaranya, Anggota DPRD KLU, Sekda KLU Drs. H. Suardi, MH., Forkopimda KLU, Kepala OPD se-KLU, Kepala Biro Kesra Provinsi NTB, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara, Para Camat, Para Sekcam, para Ketua LPTQ, Para Kades, para tokoh agama, tokoh masyarakat, para pimpinan kontingen, ofisial, pelatih, pendamping dan peserta serta masyarakat yang antusias menyaksikan malam terakhir MTQ.

Adapun yang menjadi juara umum sesuai dengan surat keputusan dewan hakim nomor 01/DH/MTQ. KLU/2019 adalah Kecamatan Tanjung. Peringkat kedua ditempati Kecamatan Pemenang dan ketiga Kecamatan Gangga.

Diawal acara tamu undangan mendengarkan lantunan ayat suci Alqur’an yang dibacakan oleh qori’ah juara I terbaik golongan Qiro’at remaja putri Yunika Sari perwakilan khafilah Kecamatan Pemenang. Selain itu, ditampilkan pula peserta Syarhil Qur’an terbaik pertama putra utusan Kecamatan Gangga.

Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH., sebelum menutup MTQ VIII tahun 2019 mengungkapkan para duta dari kecamatan masing-masing telah berjuang mencapai hasil yang maksimal.

“Selamat kepada seluruh peserta yang mendapatkan predikat juara I, II, III, dan juara harapan. Selamat juga kepada Kecamatan Tanjung mulai dari camat dan peserta yang terpilih sebagai juara umum MTQ VIII tingkat Kabupaten Lombok Utara tahun 2019,” asa Bupati.

Tentu apa yang sudah ditoreh, lanjutnya, merupakan bagian dari tinta sejarah bagi kehidupannya dimana peserta tersebut berasal, juga tinta sejarah bagi Kabupaten Lombok Utara.

“Kita tadi sudah mendengarkan bersama, bagaimana qori dan qori’ah yang mendapatkan juara tampil dihadapan kita semua, juga anak kita yang menyampaikan syarhil Qur’an dengan semangat luar biasa. Ini mengingatkan saya pernah mengikuti lomba yang sama di MTQ Nasional di Samarinda beberapa puluh tahun silam,” kenang bupati.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Kesra Setda KLU Drs. Syamsudin, MPd., menyatakan bangga terhadap antusiasmenya masyarakat menyaksikan perhelatan MTQ yang banyak menyajikan atraksi pada acara pembukaan dan penutupannya. Sedangkan kafilah-kafilahnya bisa berprestasi dari lima kecamatan yang ada. Ditambahkannya, juara Umum diraih oleh Kafilah Kecamatan Tanjung. Mantan Camat Tanjung ini juga berharap agar dimasa mendatang, Kecamatan lainnya yang ada di KLU bisa memacu diri untuk menjadi yang terbaik.

“MTQ kali ini menyajikan perpaduan tarian rudat, nasyid religi dan atraksi yang bersifat kolosal, sehingga pelaksanannya lebih meriah,” tandasnya.

Selanjutnya pada akhir acara, dilakukan penyerahan tropi juara umum yang diwakili Camat Tanjung, diserahkan langsung oleh Bupati Lombok Utara. Adapun tropi bergilir diserahkan oleh Sekda KLU kepada Sekcam Tanjung sebagai petanda usainya rangkaian pelaksanaan MTQ. (MS/eko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *