24/05/2019

Medan (Suara Komunitas.Net) – Pancasila digali dari nilai-nilai luhur bangsa, dimana Bangsa Indonesia terdiri dari beberapa suku bangsa, etnis yang menganut kepercayaan dan Agama yang menempatkan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, H.Raden Muhammad Syafi’i, SH, MHum saat menjawab pertanyaan Abdul Qodir, salah seorang peserta Sosialisasi 4 Pilar di Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang baru-baru ini.
Sosialisasi dilaksanakan bersama Komunitas Muslim Labuhan Deli yang diikuti 150 peserta.
Menurutnya, fakta sejarah bahwa Sila Pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa merupakaan kristalisasi dari nilai-nilai Ketuhanan yang melekat dalam kesadaran rakyat Indonesia.
Peserta sosialisasi lainnya, Nurul Amri juga menanyakan tentang adanya masyarakat seakan terbelah akibat kontestasi Pilpres ?
Menurut H.Raden M Syafi’i alias Romo, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden adalah proses demokrasi yang ditetapkan UU harus ditempatkan dalam peristiwa Pergantian Pimpinan Nasional sebagai suatu yang biasa.
“Rakyat Indonesia khususnya masyarakat muslim di Labuhan Deli ini tetap menjadikan Pancasila sebagai rujukan dan pada Sila Pertama yang sangat kuat nilai Ketuhanan didalamnya. Sehingga Qur’an dan Sunnah sebagai landasan dan pedoman umat Islam senantiasa relevan dijadikan pegangan dalam menentukan pilihan,” ujar Romo, yang terpilih kembali menjadi Anggota DPR RI dari Dapil Sumut 1 meliputi Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi pada Pemilu 17 April 2019 lalu.
“Pancasila merupakan ideologi terbuka memberi ruang mengkoordinir nilai-nilai luhur dari suatu Agama, termasuk Islam adalah bagian terpenting kekuatan Pancasila sebagai kekuatan yang menjadi perekat Bangsa Indonesia,” terangnya. (lubis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *