Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

250 Ha Kakao Mentawai Segerah Diremajakan Berita

 Suarakomunitas,Sumbar

Lebih kurang 250 Ha kebun kakao di kabupaten mentawai segera direnovasi melalui sambung pucuk dan sambung samping. Kakao satu hamparan itu, para petani sudah tidak menikmati hasil produksinya disebabkan hama dan penyakit.

Untuk meningkatkan produksi para petani kakao seperti di pagai selatan Sikakap harus melakukan sambung tehknologi.

Melihat kondisi tersebut, salah seorang anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Sudarmi Saogo yang juga putra daerah mentawai mencoba membawa solusi untuk melakukan perehapan kakao.

Dilokasi Sudarmi menjelaskan bahwa "kita perihatin terhadap para petani kakao di daerah ini, oleh sebab itu makanya saya membawa salah seorang petani asal Kabupaten padang Pariaman yang punya ilmu tentang perkakaoan",katanya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa kita akan datangkan setiap bulannya para pakar kakao seperti Elias Piau yang juga putra daerah siberut, serta dinas provinsi dan kabupaten

 Sementara Elias Piau yang peduli kakao menjelaskan bahwa penyakit dan hama pada kakao didaerah ini hampir sama diseluruh indonesia, untuk itu disarankan agar kakao yang tidak produksi harus diremajahkan, katanya Mengakhiri. 

Sejumlah para petani yang mendapat bimbingan serta praktek lapangan merasa bersyukur atas ilmu yang didapat, karena harus diakui bahwa petani kakao belum pernah mendapat bimbingan yang sangat menjanjikan ini. 

"Kami akan kembali fokus berkakao serta semangat bila bimbingan ini terus menerus"kata salah seraorang petani yang juga kepala dusun didaerah itu.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09232 seconds.