Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Masyarakat Perbatasan TNGR Butuh Perhatian Pendapat

Aikmel. SK_Dusun Kekuang dan Dusun Montor Lekong merupakan bagian dari Desa Toya Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur Prov. NTB yang terletak di daerah perbatasan langsung dengan kawasan hutan taman nasional gunung rinjani (TNGR).


Jumlah penduduk Dusun Montor Lekong 205 KK dengan ketinggian 720 mdpl dan Dusun Kekuang 267 KK dengan ketinggian 735 mdpl dan profesi masyarakatnya rata-rata petani dan buruh tani, selain itu juga sebagian masyarkat mengadu nasipnya ke luar negeri.


Akses jalan yang berbatu dan berkerikil dan di rimbuni pepohonan yang hijau membuat perjalanan menjadi sejuk sekalipun memakan waktu yang cukup lama. Jarak tempuh dari dusun tersebut ke pusat desa kurang lebih 4 km.


Sebagian masyarakat masih banyak menggantungkan hidupnya di hutan dengan memanfaatkan potensi yang ada seperti hasil hutan bukan kayu (HHBK) seperti buah nangka, alpukat, wakul, duren dan lain sebagainya.


Disamping itu juga masyarakat memanfaat potensi sumber daya alam yang lain seperti pasir dan kerikil. Potensi tersebut yang dapat menopang prekonomian warga yang berada diperbatasan kawasan hutan taman nasional gunung rinjani (TNGR).

 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09078 seconds.