Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

TKW Asal Indramayu, Hilang 19 Tahun di Arab Saudi Berita

Indramayu :  : Kasus hilang kontak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kembali terjadi. Kali ini, Juriah, TKW asal Desa Sukadana Blok Karang Moncol Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu, dilaporkan hilang kontak selama 19 tahun. Juriah menjadi TKW ke Arab Saudi pada tahun 1997 melalui PT. Bughsan Labrindo yang beralamat di Jakarta.

Saat melaporkan kasusnya ke Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Indramayu, Mastara (58) menceritakan, bahwa putrinya tersebut hanya sekali mengirimkan kabar melalui surat dan mengirimkan uang sebanyak tiga kali dengan total Rp 9juta.

“Setalah itu tidak ada kabar lagi,” kata Mastara , Minggu (27/11/2016).

Mastara mengaku sudah melaporkan kasus ini cukup lama melalui perusahaan yang menyalurkan putrinya ke luar negeri, namun tidak ada hasil yang memuaskan. Ia memperkirakan, putrinya mengalami tekanan yang dilakukan oleh majikannya. Mastara berharap, SBMI Indramayu bisa memulangkan putrinya dan membawanya kembali berkumpul bersama keluarga.

Sementara itu, Ketua DPC SBMI Indramayu, Juwarih, mengaku siap mengawal dan mendampingi kasus ini. Namun ia menyesalkan respon lambat yang dilakukan oleh KBRI atas laporan yang disampaikan pihak keluarga sejak tahun 2007. Laporan tersebut baru direspon oleh pihak KBRI pada tahun 2009, yang isinya tentang klarifikasi usaha penelusuran agency.

“Seharusnya KBRI langsung menelusuri alamat majikan, untuk mengecek kevalidan alamat tersebut, untuk bisa menemukan korban” kata Juwarih.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09461 seconds.