Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Hari Raya Idul fitri di Masjid Kuno Bayan Hanya Dilaksanakan Oleh Kiyai Adat Pendapat

Lombok Utara  (SK ) Pengelola desawisata.net Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Renadi S.Pd menginformasikan bahwa Hari Raya Idul Fitri bagi masyarakat adat dilaksanakan pada hari yang berbeda dibandingkan pada umumnya. Satu syawal 1437 H dalam masyarakat adat pada tahun 2016 jatuh pada hari minggu tanggal 10 Juli 2016. Tempat pelaksanaan di Kampug Karang Bajo, Bayan – Lombok Utara, sedangkan untuk Id (sholat hari raya) hanya dilakukan oleh Kyai Adat saja di Masjid Kuno Bayan.

Pelaksanaan Idul Fitri secara adat disebut juga dengan Lebaran Tinggi. Lebaran Tinggi dilaksanakan selama 2 hari, kegiatan hari pertama pada hari sabtu tanggal 9 Juli 2016 disebut dengan hari Kayu Aiq/hari persiapan, pada hari kedua 10 Juli 2016 yang disebut dengan Gawe/Puncak acara. Pelaksanaan yang selama 2 hari inilah sehingga kami memprogramkan paket wisata budaya selama 3 (tiga) hari dan 2 (dua) malam.

Pada hari pertama sabtu tanggal 09 Juli 2016 siang, Anda tiba di Sebaya Tanta Karang Bajo Kecamatan Bayan. Setibanya di Sebaya Tanta akan dijamu dengan makan siang sambil kami menceritakan sekilas tentang ritual Lebaran Tinggi. Setelah makan siang kami akan membawa Anda ke lokasi penginapan Rumah Adat Bayan dan menyiapkan pakaian ganti (pakaian adat) dan langsung ke lokasi untuk melihat bagaimana acara Kayu Aiq (persiapan) yang dilakukan dalam acara Lebaran Tinggi. Acara persiapan ini akan berakhir sekitar jam 22.00 Wita, sehingga kita akan makan malam dilokasi. Setelah acara selesai dihari pertama anda bisa istirahat di Penginapan yang lokasi sangat dekat dengan tempat ritual adatnya.

Hari yang kedua, Minggu tanggal 10 Juli 2016 kami akan membawa Anda kembali ke lokasi setelah sarapan. Di lokasi akan menikmati snack dua kali kemudian makan siang dan makan malam. Puncak acara Lebaran Tinggi ini biasanya akan berakhir sekitar jam 22.30 wita, kemudian Anda akan kami bawa kembali kepenginapan. Pada hari Senin tangga 11 Juli 2016 setelah sarapan Anda bisa meninggalkan lokasi dan Anda bisa melanjutkan agenda selanjutnya. Kami tunggu kedatangan Anda di Karang Bajo, Bayan Lombok Utara. Biaya Paket Wisata Ritual Lebaran Tinggi (Idul Fitri Adat) yaitu sebesar Rp. 950.000,- (Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) Per-orang.

Fasilitas yang didapat :Air mineral Selama dilokasi, Penginapan (Rumah Adat Bayan), Tiket masuk objek wisata, Guide Local, Dokumentasi, Makan 6 kali (hari pertama 2 kali, hari kedua 3 kali, 1 kali hari ketiga), Pakaian ganti (Baju Adat) untuk ikut ritual Lebaran Tinggi.
Harapan dari Pengelola desawista.net kepada pengunjung yang berminat untuk ikut menyaksikan secara langsung mulai dari Pra acara sampai selesai silahkan menghubungi Renadi : 081917901440, Mahniwati : 081933163592. Atau di email @Mahniwati Ony, Jets Budaya, Syahadatul Khaira,@ Jati Swaramahardika, Alam Kundam, Dedy EmEm, Habib Masmas Kaula (Ardes ).

 

 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08919 seconds.