Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

21 Sosok Inspiratif Yang Mengharumkan Nama Bangsa Indonesia Pengalaman


Lombok Utara ( SK ). Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa Anugerah Telkomsel 2016 akan menghadirkan 21 Sosok Inspiratif Yang Mengharumkan Nama Bangsa, Hidup sekali untuk berarti hal itu disampaikan pada malam apresiasi Mitra bersama Telkomsel, bersama Preisden ke 3 BJ Habibie, Menkomimpo Budiantara, Menpar Arief Yahya di Ritz Carlton Ballroom Jakarta 27-05-16.

Sejak Awal berdiri 21 tahun yang lalu, Telkomsel meiliki tujuan untuk mempersatukan bangsa Indonesia melalui keterbukaan akses telekomunikasi bagi masyarakat Indonesia dari sabang sampai marauke. Kami meyakini Teknologi Telekomunikasi, Informasi dan Komunikasi ( TIK) dapat member mamfaat yang besar bagi masyarakat luas. Demikian juga dengan Telkomsel, kami hadir diseluruh pelosok Nusantara dengan harapan dapat membantu berkembangnya roda perekonomian setempat dan berbagai aspek kehidupan lainnya seperti kesehatan, Pendidikan, Budaya dan sebagainya.

Semangat kami untuk membangun Indonesia melalui pemamfaatan Teknologi khususnya TIK, juga kami temukan di berbagai individu yang ingin berkontribusi dan membuat perubahan bagi Indonesia. Mereka tersebar di berbagai lokasi, hadir dari latar belakang yang berbeda, usia yang berbeda, menghasilkan berbagai karya yang bervariasi, namun memiliki satu tujuan untuk membuat perubahan kea rah yang lebih baik, setidaknya dikalangan sekitarnya.

Sebagai Bagian dari Penghormatan dan Apresiasi terhadap upaya para individu tersebut dan dalam rangka HUT Telkomsel ke 21 dengan tema ”Bikin Keren Indonesia“, kami menggelar ‘Anugerah Telkomsel’ bagi sosok-sosok inspiratif yang ingin membuat perubahan Indonesia kea rah yang lebih baik dengan memamfaatkan teknologi.

Bersama-sama dengan para sosok yang inspiratif yang memiliki semangat perubahan ini, kami yakin Indonesia akan tumbuh menjadi bangsa yang lebih besar lagi dan tidak kalah dengan bangsa lain. Indonesia memiliki berbagi tantangan dalam membangun bangsa. Kian Banyak cerita muram mewarnai Indonesia mulai dari persoalan transportasi, pendidikan, kesehatan, dan berbagai permasalahan lainnya, namun tantangan dan permasalahan tidak melulu harus dihadapai dengan kepala tertunduk; setidaknya tidak bagi mereka yang yakin bahwa hal tersebut sesungguhnya merupakan peluang untuk menciptkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Mereka adalah sosok-sosok yang berani menyingsingkan lengan baju, dan berkontribusi untuk mencari solusi. Apa yang mereka lakukan bukan untuk pengakuan, ketenaran atau materi, tapi untuk kemaslahan orang banyak. Pada akhirnya karya para sosok inspiratif yang luar biasa ini pun memberikan dampak sosial yang positif ke masyarakat dan lingkungannya.

Tidak sedikit dari sosok-sosok inspiratif ini yang aktif membangun Indonesia melalui pemamfaatan teknologi, sejalan dengan semangat Telkomsel yang membuka akses telekomunikasi hingga kepelosok melalui teknologiseluler. Dalam hal ini teknologi menjadi katalis perubahan sosial, sehingga betul betul dapat di rasakan kemamfaatannya untuk masyarakat luas.

Berangkat dari hal tersebut, untuk pertama kalinya tahun ini Telkomsel menggelar’ Anugerah Telkomsel’ sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan Telkomsel kepada mereka yang berdedikasi tinggi membangun Indonesia melalui pemamfaatan teknologi. Cerita mereka perlu untuk di tangkap dan di angkat kepada masyarakat luas, karena melalui cerita cerita inilah diharapkan lebih banyak lagi anak muda Indonesia yang terinspirasi untuk terus membangun Indonesia.

Bertepatan dengan ulang tahun Telkomsel ke 21 pada 26 Mei 2016, Telkomsel bekerjasama dengan Harian Kompas, memberikan anugerah kepada 21 sosok yang #BikinKerenIndonesia. Para Kandidat penerima penghargaan dipilih berdasarkan database artikel rubric “sosok” di Harian Kompas yang telah di publikasi dalam kurun waktu 21 bulan terakhir. Pemilihan awal dilakukan berdasarkan profil para sosok yang memenuhi kriteria enabling, inspirasional, dan memberikan social impact.

Enabling artinya karya yang dilakukan oleh sosok tersebut dapat mudah di mengerti dan dilakukan oleh penerima dampak sehingga memungkinkan penerima dampak untuk menjadi lebih baik lagi. Inspirasional berarti karakter dan determinasi sosok tersebut, serta karya yang dilakukannya dapat memberikan ispirasi yang besar bagi masyarakat sekitarnya dan juga bagi pembaca rubric “Sosok” tersebut. Social impact dinilai dari kemampuan karya sosok tersebut untuk di multiplikasi dan dikembangkan potensinya sehingga akan memiliki dampak positif bagi masyarakat sekitar sosok tersebut.

Proses Penjurian dilakukan dengan melibatkan 5 orang juri dari berbagai bidang yang kompoten, yakni Budiman Tanuredjo ( Pimpinan Redaksi Harian Kompas ), Priyantono Rudito ( Direktur Human Capital Management Telkomsel), Rhenald Kasali (Pendiri Yayasan Rumah Perubahan), Tri Mumpuni ( Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan – IBEKA), dan Yoris Sebastian ( Pendiri OMG Creative Consulting).

21 Sosok Inspiratif Yang Mengharumkan Nama Bangsa Indonesia telah menerima anugerah Telkomsel 2016 yakni Achmad Zaky ( Pendiri Bukalapak.com), Ainun Chomsun ( Pendiri Akademi Berbagi), Ainun Najib (Pendiri Kawalpemilu.org), Amrul Sadik Daga ( Inisiator Biohazard), Andi Taru (Pendiri Educa Studio), Ariny NH ( Penulis Novel Online), Bambang Erbata Kalingga (Pencipta Alat Pertanian dan Bahan Bakar Hemat Energi Berbasis Air), Eka Suryarahman ( Pendiri Rumah Belajar dan Jasa Wisata), Eko Purwanto ( Pembelajaran Digital), Endri Susanto ( Pendiri Komunitas “ Mengabdi kepada si Sakit”), Gardika Gigih Pradipta (Komposer Nada Dering), Hadi Puspita (Inisiator Contra war dan Sutra Mas),Jemi Ngadiono (Pendiri Komunitas 1000 Guru), Kertamalip ( Kepala Desa Online), Muhammad Abdul Bar ( Pendiri Komunitas Rewo-rewo), Nadiem Makarim ( Penemu Go-Jek), Rama Raditya ( Pendiri QLUE), Samuel Franklyn (Penemu Perangkat Lunak dan Program Komputer Baru), sudirman ( Petani Kakao, Pendiri PLTM), Sugiharto (Pedagang Kambing Online, Ternak Kambing peranakan Ettawa) dan Yayan Tahyan (Pendiri Toko Bale Asih ). ( Ardes).


 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.14048 seconds.