Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

PMI Aceh Utara Gelar Donor Darah bareng DPD RI Berita

Lhokseumawe, Suara Komunitas. - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Sudirman bersama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Utara, mengelar kegiatan donor darah. Acara yang digelar dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia,   sekaligus penyerahan piagam  kepada Haji Sudirman aliyas Haju Uma. Piagam yang diserahkan langsung oleh Ismed, Ketua PMI Aceh Utara, bertempat di Lapangan Hirag Kota Lhokseumawe, Senin (16/5) lalu. 

Sudirman, Anggota DPD RI asal Aceh Kota Lhokseumawe yang biasa disapa Haji Uma  mengatakan, manfaat kegiatan donor darah ini besar manfaatnya dan juga dapat membantu stok darah pada UDD PMI Aceh Utara.

Ada kekhawatiran  stok darah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan jelang bulan Ramadhan nantinya, melalui kegiatan donor darah “Ayo Donor Darah Secara Sukarela” diharapkan mampu memenuhi kebutuhan stok darah di wilayah Aceh. Ujar Haji Uma.

Anggota DPD RI asal Kota Lhokseumawe ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan donor darah, karena selain baik untuk kesehatan juga bisa menyalamatkan sanak saudara kita yang membutuhkan nantinya.

Sudirman berharap kepada Pemerintah Daerah Aceh untuk membuat Qanun atau Perbup yang mewajibkan pejabat dan instansi wajib donor darah untuk mensiasati kekuranga stok darah.

Ketua PMI Aceh Utara, Ismed Nur AJ Hasan menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar ini melibatkan berbagai kalangan, dari mahasiswa, instansi pemerintahan, serta anggota TNI atau Polri dan masyarakat umumnya.

Ismed juga menyebutkan, darah yang terkumpul pada kegiatan hari ini sebanyak 200 lebih kantong darah. Ini - insya allah - akan cukup untuk beberapa hari kedepan dan memenuhi kekurangan stok darah. Kami padahal UDD PMI Aceh Utara membutuhkan 40 sampai 50 kantong darah dalam perhari atau sekitar 1200 kantong darah perbulannya.

UDD PMI Aceh Utara telah berupaya agar masyarakat menjadikan donor darah  sebagai gaya hidup yang sehat. "Pada akhirnya masyarakat atau pendonor sukarela membantu PMI setempat untuk memiliki lebih banyak stok darah." Ujar Ismet.

Intinya tugas kami sebagai PMI Aceh Utara, untuk membantu peran Pemerintah Daerah dalam hal mengumpulkan kantong darah, yang nantinya akan dipergunakan untuk membantu masyarakat bagi yang membutuhkan darahnya, tambah Ismed.

Ismed, berpesan kepada seluruh petugas PMI agar meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mendonorkan dan membutuhkan darah diunit transfusi darah PMI Aceh Utara. “Mari Kita Melayani Dengan Hati Untuk Kemanusiaan.”

Ismed juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik pengurus PMI, pendonor aktif, instansi mitra UTD PMI Aceh Utara, dan masyarakat peduli lainnya yang telah berpartisipasi untuk mendukung kegiatan ini hingga sukses dilaksanakan. Sehingga tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah tercapai. *** (Mursyidah)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.59647 seconds.