Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Tim Peneliti IBM Unilu Melakukan Pembinaan Bagi Pengrajin Batik Tulis dan Gandeng Disperindag Gelar Pameran Batik Tulis Khas Lumajang Berita

Lumajang-suarakomunitas.net; melalui program kegiatan Iptek Bagi Masyarakat (Ibm) tahun 2016 dengan tema “perlindungan hak atas merek kerajinan batik tulis ciri khas kabupaten lumajang (village batik centre) sebagai upaya pelestarian budaya indonesia”.


Tim peneliti Ibm Universitas Lumajang menjalin kerjasama dengan dua mitra pengrajin batik yang ada di lumajang yaitu : Munir UD. Makarti jaya yang beralamat jl. Veteran No. 84 Dusun Benteng Rejo Desa Kunir Kidul beliau merupakan sebagai pelopor pengrajin batik lumajang pertama kali yang berdiri pada tahun 1992. Sedangkan mitra yang kedua Farit UD. Batik pasir semeru lumajang meskipun tergolong masih muda yang berdiri pada tahun 2011 hasil kerajinannya tak kalah indahnya dengan pengrajin batik lumajang lainya yang ada dilumajang.


Bentuk kerjasama Tim Peneliti Ibm UNILU yang di nahkodai Ratnaningsih, SH.MH. serta didampingi dua anggotanya Siti Umiyatun Azizah, SH.MH. dan Titik Sri Astutik, SH. Dosen Fakultas Hukum UNILU dengan melakukan pendampingan pengurusan legalitas usaha berupa pengurusan SIUP, HO, Tanda Daftar Perusahaan Perorangan dan Tanda Daftar Industri disamping itu, juga pengurusan atas Hak Merek kedua mitra, pemberian bahan batik serta 4 set perlatan batik bagi masing-masing mitra, dan Pameran Batik Tulis Lumajang yang bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang (DISPERINDAG).


Kegiatan ini disambut baik juga mendapat apresiasi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang dalam hal mengembangkan batik lumajang, serta mendukung program Tim Peneliti Ibm Unilu terkait pendaftaran merek dagang usaha mitra. Apalagi dalam era “Masyarakat Ekonomi Asian” ini sangatlah dibutuhkan perlindungan atas hak kekayaan intelektual produk dalam negeri kita, termasuk perlindungan hak atas merek.


Semoga dengan terselenggaranya program kegiatan tersebut selain membantu mitra dalam mengembangkan usahanya, tim peneliti ibm UNILU juga berkeinginan untuk berbuat bagi masyarakat secara luas melalui program tri darma perguruan tinggi berupa pengabdian masyarakat. Dan kami berharap mitra bisa meningkatkan produksinya dengan menarik minat masyarakat untuk mencintai batik lumajang dengan di awali salah satunya media promosi/ pameran yang digelar kemarin sabtu, 29/04/2016, serta dimilikinya sertifikat merek dagang bagi usaha mitra, sehingga merek tersebut tidak bisa dipakai orang lain. Yang nantinya dapat merugikan pengrajin maupun masyarakat luas yang menghendaki produk usaha mitra tersebut; Ucap Ratnaningsih, SH.,MH. selaku Ketua Tim Peneliti Ibm Unilu.;(sya)
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.0998 seconds.