Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Srikaya Komuditas Alternatif Warga Pendapat

LOMBOK TIMUR. SK_Tanaman srikaya merupakan tanaman alternative warga pemilik lahan kering di Kabupaten Lombok Timur. Disaat warga di landa terancam gagal panen. Para petani yang menanam pohon serikaya ini justeru ada peluang untuk menopang biaya hidup.

Seperti yang berlangsung saat ini, warga Desa Perigi Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur saat ini sedang panen buah srikaya. Merek bisa hidup dan dapat kembalikan utang modal panen tahun 2016 ini.

Untuk diketahui serikaya atau buah nona (Annona squamosa), adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis dan kering. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak), dan daging buahnya berwarna putih.

Srikaya termasuk semak semi-hijau abadi, pada saat musim kemarau pohonya dan rantingnya mongering seakan tidak tumbuh lagi. Pohon yang meranggas mencapai 8 m tingginya. Daunnya berselang, sederhana, lembing membujur, 7-12 cm panjangnya, dan berlebar 3-4 cm.

Bunganya muncul dalam tandan sebanyak 3-4, tiap bunga berlebar 2-3 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya. Buahnya biasanya bundar atau mirip kerucut cemara, berdiameter 6-10 cm, dengan kulit berbenjol dan bersisik. Daging buahnya putih, menyerupai dan memiliki rasa manis.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.3189 seconds.