Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Dirjen PPMD Kunjungi Generasi Sehat dan Cerdas Cidahu Kabupaten Sukabumi Berita

Cidahu-Sukabumi SK.net. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, meninjau hasil pelaksanaan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas di Desa Cidahu, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (18/2/2016).

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Ahmad Erani Yustika, didampingi Direktur Pelayanan Sosial Dasar, Hanibal Hamidi, melakukan peninjauan langsung ke lokasi bangunan yang dibiayai dari PNPM. Di antaranya, bangunan Posyandu Cendana, di Kampung Manglid, PAUD Cendana, di Kampung Cipanengah, serta Sekolah Dasar Negeri 3 Cidahu, di Kampung Legok Nyenang.

“Dana untuk ketiga bangunan itu dibiayai dari PNPM Generasi Sehat dan Cerdas. Program ini di Desa/Kec. Cidahu, begitu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Dirjen PPMD, Ahmad Erani Yustika, disela-sela kunjungan kerja ke Desa Cidahu.

Menurut dia, pelaksanaan PNPM Generasi Sehat dan Cerdas di Desa Cidahu, ternyata benar-benar dapat dirasakan masyarakat yang membutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan & kondisi lingkungan, program tersebut dinilainya sangat tepat sasaran. Sehingga diharapkan ke depannya program Generasi Sehat dan Cerdas terus dilaksanakan di Cidahu dengan biayanya dari Dana Desa.

“Saya sudah keliling Indonesia meninjau hasil pelaksanaan PNPM. Tapi di sini sedikit ada perbedaan, programnya sukses dan di terima masyarakat. Indikatornya, masyarakat Cidahu bisa menerima hasil manfaat dari PNPM Generasi Sehat dan Cerdas ini,” ungkap dia.

Lebih jauh dikatakan Erani, Pemerintah Desa telah menikmati manfaat Dana Desa dari APBN yang dikucurkan pemerintah pusat dimulai pada 2015. Untuk tahun ini sambung dia, Dana Desa yang merupakan amanat UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa itu akan dialokasikan sebesar Rp47 triliun bagi 74.093 desa seluruh Indonesia.

“Menjelang penyaluran Dana Desa tahun 2016, perlu dilakukan perubahan pada sejumlah regulasi. Terutama terkait mekanisme pengalokasian dan proses penyaluran dari kabupaten ke desa sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2015 tentang Dana Desa,” jelasnya.

Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono menyatakan, program Generasi Sehat dan Cerdas ke depannya bisa didanai dari Dana Desa, namun harus sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Ada aturannya dalam setiap penggunaan Dana Desa. Tapi saya berharap, program menyehatkan dan mencerdaskan masyarakat harus tetap dilaksanakan. Kita (Pemkab Sukabumi) akan support dalam urusan itu,” singkat Adjo yang baru menjabat wakil bupati satu hari ini dan didampingi oleh Nasirulhaq selaku Fasilitator PNPM GSC Kabupaten Sukabumi. (Ruddy)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08959 seconds.