Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Figura EFO Generation Meriah Sastra

Tatelu Rondor, SuaraKomunitas.Net – Gelaran acara Figura yang di inisiasi komunitas EFO Generation berlangsung meriah pada Minggu (24/01/2016) di desa Tatelu Rondor, Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara. Kegiatan ini terlaksana dalam rangka menutup tahun 2015 dan membuka lembaran baru di tahun 2016.

Kemeriahan Figura terlihat ketika para pesertanya memakai kostum-kostum unik yang sebenarnya berlawanan dengan karakter setiap peserta. Ada yang berperan sebagai dokter, pebalap motor touring, pejabat desa, anak sekolah, mahasiswa, olahragawan, aktifis, pekerja bengkel, pekerja tambang, dan banyak lagi peran lainnya.

Salah satu peran yang paling banyak mengundang gelak tawa yaitu ketika para lelaki menggunakan gaun perempuani, akibatnya mereka kesulitan mengemban peran tersebut sehingga terlihat aneh sekaligus lucu. Banyak dari mereka mengakui jika memerankan karakter yang berlawanan dengan jati diri ternyata tidak mudah.

Pagelaran Figura sebenarnya sudah lama dikenal masyarakat di Sulawesi Utara, diadopsi dari kesenian Yunani klasik. Pagelaran seni ini tumbuh beratus tahun yang lalu terutama di kota Manado. Acara ini kebanyakan menampilkan kostum-kostum unik, tetapi terselip pesan-pesan sosial didalamnya.

Keunikan lainnya dari acara Figura adalah munculnya tokoh-tokoh atau figur baru disetiap pelaksanaannya. Tentu ide-ide kreatif dari masyarakat menjadi kunci suksesnya acara tersebut. Dan gelaran Figura yang digelar Komunita EFO Generation itu bertujuan terjalinnya persatuan antar sesama masyarakat dan pelaku-pelaku usaha di desa sekaligus sebagai usaha penggalangan dana.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09409 seconds.