Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Pompa Setan Menjawab Permasalahan Air Bersih di Kelurahan Padang Temu Kota Pagaralam Berita

Pagaralam, SK.net – Usaha keras untuk mewujudkan 100% akses air bersih menjadi agenda serius Program Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman (P2KKP) khususnya di Pagaralam. Hal ini dikarenakan berdasarkan data Bappeda tahun 2013 dinyatakan bahwa Pagaralam merupakan kota terendah yang memiliki akses air bersih di Provinsi Sumatera Selatan.

Salah satu usaha yang telah dilakukan untuk menjawab permasalahan air bersih di Kelurahan Padang Temu Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam adalah pembuatan pompa air bersih yang dilakukan oleh KSM Air Jernih bimbingan LKM Harapan Maju. Pompa air bersih yang sering disebut masyarakat sekitar dengan sebutan pompa setan ini adalah pompa hydrolic yang bekerja dengan daya dorong air.

Cara kerja pompa setan ialah dengan mengalirkan air sungai sebagai sumber air bersih melalui salah satu saluran drainase kemudian ditampung di bak penampung sementara. Lalu dari bak penampung sementara air mengalir ke pompa setan. Untuk mengalirkan air dari bak penampung, pipa yang dipasang harus dalam posisi miring dengan kemiringan kurang lebih 45 derajat. Dengan kemiringan tersebut, daya dorong pompa tersebut menjadi kuat untuk selanjutnya air dialirkan ke tedmont yang ditempatkan di lokasi mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat.

“Kalau dulunya kami harus bersusah payah mendapatkan air bersih dengan berjalan membawa air menggunakan ember dari sungai, setelah ada pompa setan ini kami  dan masyarakat sangat terbantu”, ujar Jonsi selaku ketua KSM.

Ketika ditanya kenapa disebut sebagai “Pompa Setan”, sembari tertawa Jonsi menjelaskan hal tersebut karena pompa mengeluarkan suara yang cukup keras di tengah senyapnya kebun kopi.
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08842 seconds.