Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

sisakan untuk anak cucu, karna kita meminjam darinya Pendapat

BENGKULU (SK) - Kerusakan lingkungan merupakan permasalahan bagi kita semua. Di indonesia, kerusakan tingkat lingkungan dan degradasi lahan berjalan sangat cepat dan cenderung terus meningkat setiap tahunnya.  Kekayaan sumberdaya alam di indonesia sangat berlimpah untuk mendukung kegiatan pembangunan yang berkelanjutan berada dalam bahaya,sebagai dampak dari beberapa dekade ekploitasi sumberdaya yang dikelola secara kurang baik.

Pengerusakan hutan oleh perusahaan-perusahaan tambang selalu saja meningkat,perkiraan tingkat pengundulan hutan mencapai 4 juta hektar pertahun itu termasuk di antara yang tertinggi di dunia.  Memang tak bosan selalu ada statemen,untuk mengatasi permasalahan tersebut dipandang perlu untuk mengelola sumberdaya alam dan lingkungan berkelanjutan yang dapat menyumbang potensi pertumbuhan jangka panjang.

Ide yang baik berangkat dari beberapa hal diantaranya. Menerapkan masyarakat sebagai pelaku utama dalam meningkatkan sumberdaya alam dan menjaga kelestarian sumberdaya alam. Dengan kata lain,menimbulkan kesadaran masyarakat dalam pentingnya menjaga kelestarian lingkungan,untuk ketersediaan kehidupan yang berkesinambungan.

Selanjutnya, juga meningkatkan peran masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam. baik masyarakat yang dekat dengan hutan konservasi maupun pesisir. Sehingga masyarakat mampu mempengaruhi dan menyusun aturan guna mendorong kebijakan pemerintah dalam pemberian izin pengelolaan sumber daya alam.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08854 seconds.