Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Kelompok Tani Tunas Harapan Dapat Bantuan Pembangunan Irigasi Berita

Limapuluh Kota (Suara Komunitas) - Kelompok Tani Tunas Harapan Jorong Taratak, Nagari Kubang, Kecamatan Guguak dapat bantuan pembangunan irigasi. Bantuan ini berasal dari Dinas Pertanian Holtikultura Kabupaten Limapuluh Kota dan disetujui oleh Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) kecamatan Guguak. Bantuan ini merupakan bantuan tahap kedua yang dipergunakan untuk melanjutkan pembangunan saluran irigasi tahap pertama. Sumber air irigasi ini berasal dari mata air Bukit Nan Duo yang dibendung terlebih dahulu dengan bak penampungan air, kemudian disalurkan dengan pipa air ke sawah masyarakat.

M.Nasir ketua kelompok Tani Tunas Harapan menjelaskan, bantuan tahap pertama telah dipergunakan untuk membuat bak penampungan air di kaki Bukit Nan Duo, Kemudian disalurkan dengan pipa air sepanjang 400 Meter. Sedangkan bantuan tahap kedua ini dipergunakan untuk menyambung kekurangan pipa air sepanjang 480 Meter yang bermuara di sawah masyarakat. Pengukuran kekurangan pipa air ini dilakukan langsung oleh petugas dari Dinas Pertanian Holtikultura Kabupaten Limapuluh Kota. Bantuan tahap kedua ini diawali dengan pengajuan permohonan kepada Dinas Pertanian Holtikultura Kabupaten Limapuluh Kota pada Januari 2014. Dan baru terealisasi pada Oktober 2015. "Sewaktu mengajukan permohonan, ada masukan dari Dinas Pertanian untuk mengganti pipa air dengan beton, akan tetapi melihat kontur tanah yang labil dan mudah runtuh berakibat air bisa habis di jalan, masukannya kami tolak," M.Nasir menjelaskan.

Pembangunan saluran irigasi tahap kedua ini telah dimulai pengerjaannya pada 21 Oktober 2015 yang lalu, dan saat ini pengerjaanya sudah hampir selesai. "Saat proses pembangunan irigasi ini kami diawasi langsung oleh Babinsa, supaya pekerjaan pembangunan sesuai dengan harapan, karena pada pembangunan sebelumnya masih ada beberapa kesalahan yang terjadi sehingga menyebabkan masalah dalam kelancaran aliran air", Lanjut M.Nasir menjelaskan. "Sedangkan untuk proses pengawasan dan pengelolaan nanti, sudah dibentuk anggota khusus yang bertugas untuk menjaga proses pengairan berjalan lancar", tutup M.Nasir. (Rahmad S/SH)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09349 seconds.