Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Masyarakat Kampung Bajo Pulau Wawonii Kekurangan Air Bersih Berita

TANJUNG BATU (SK) - Sejak tahun 2014 lalu, masyarakat Desa Langara Bajo, Desa Langara Indah, Desa Tanjung Batu, Desa Langkowala dan Kelurahan Langara Laut, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan (KONKEP) mengalami kekurangan air bersih. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang melayani kebutuhan air di wilayah Ibu Kota KONKEP ini tidak mampu lagi memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Akibat dari itu semua, masyarakat di empat desa tersebut harus antrian sampai tengah malam untuk mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan mereka. Bahkan banyak kita saksikan ibu-ibu rumah tangga yang harus mengayu perahu berisikan jerigen ke titik-titik air untuk mendapatkan air bersih. Solus lain adalah harus beli air bersih seharga Rp 60.000 per towernya. 
Janus (30) Kepala Desa Tanjung Batu mengungkapkan "Dulu di awal masuknya PDAM air sampai dalam rumah, tapi sekarang semakin hari debet air semakin menurun. Sehingga masyarakat susah mendapatkan air." Ungkapnya saat di temui awak suara wawonii. 
 Dia juga menambahkan "Kami sudah menyurat ke DPRD KONKEP agar DPRD menyuarakan persoalan air yang di hadapi oleh masyarakatkami, bahkan saat reses DPRD di wilayah kami sudah di sampaikan bahwa yang kami butuhkan adalah air bersih bukan yang lain, dan informasi dari Pihak DPRD, komisi 3 sudah memanggil pihak PDAM untuk hearing terkait masalah tersebut, tetapi PDAM megatakan bahwa saat ini PDAM masih aset Kabupaten Konawe (Kab. Induk) sehingga mereka tidak dapat berbuat banyak." Tambahnya. 
Beliau Berharap "Kami berharap permasalahan air bersih yang dirasakan oleh masyarakat kami dapat teratasi secepatnya dan masyarakat bisa menikmati air sampai di rumah-rumah warga dan tidak antria lagi sampai tengah malam untuk mendapatkan air." Harapnya. (Ibe/SW)

 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08993 seconds.