Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Warga Patuk Gunungkidul Was-was Hutan Kebakaran Berita

PATUK (28/10) SK - Hutan adalah salah satu wujud dari kekayaan alam yang dimiliki NKRI. Oleh karena itu menjaga dan memeliharanya adalah salah satu kewajiban bagi rakyat Indonesia. Namun, kurangnya keperdulian dan tindakan yang ceroboh dari masyarakat sekitar, ternyata menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di dunia kehutanan terutama di musim kemarau panjang ini. Hutan yang dulunya hijau lestari penuh dengan keindahan yang memanjakan matapun bisa menjadi sebuah hutan yang mengancam keselamatan mahluk hidup terutama manusia.

Di Kecamatan Patuk kabupaten Gunung Kidul sebagian besar desa di kecamatan tersebut saat ini sedang mengalami musim kemarau yang panjang yang membuat hutan menjadi gundul (gersang) dan membuat warga selalu was-was akan hadirnya bencana alam seperti tanah longsor, kebakaran hutan dll. Pohon-pohon yang berdominan terkena dampak dari musim kemarau yang panjang ini seperti Pohon Jati, Sono, dan Mahoni yang ditandai dengan daun yang sudah rontok.

Dhimas (19) Salah satu warga masyarakat di Kecamatan Patuk tersebut menyadari dengan penuh penyesalan atas situasi yang tengah terjadi di desanya. “Mungkin ini adalah salah satu kesalahan dari kami yang kurang memperdulikan dan menjaga hutan. Saat ini kami pun sedang merasakan dampak dari itu semua. Selain itu kami juga kurang persiapan seperti menanam bibit-bibit pohon di waktu musim penghujan” jelasnya.

Tak jarang pula warga di sekitaran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul tersebut saling mengingatkan warga lainya agar selalu was-was akan adanya bencana alam akibat dari hutan yang gundul (gersang) ini. Warga sekitar tak lupa pula juga mengajak masyarakat lain untuk lebih menjaga dan memelihara hutan,seperti melakukan Penghijauan (REBOISASI) agar masalah dan dampak dari musim kemarau yang panjang ini tidak akan terulang lagi di tahun depan.
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09016 seconds.