Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

JAMBORE PENGURANGAN RESIKO BENCANA II PROPINSI SUMATRA BARAT Berita

 Batusangkar Rabu 16 September 2015-
Dalam rangka peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana 2015, Badan Penanggulan Bencana Daerah Propinsi Sumatera barat mengadakan Agenda Tahunan Jambore PRP tingkat Sumatra Barat yang diikuti oleh kabupaten / Kota se Sumbar sebanyak 18 Kota /Kabupaten. Dari tanggal 13 sampai tanggal 17 September 2015.
Jambore PRB ke II ii dilaksanakan di Batusangkar Kabupaten Tanah Datar.
Peserta Jambore adalah Kelompok Siaga Bencana ( KSB ) Masyarakat sebanyak 13 orang dari setiap Kota / Kabupaten, didampingi 2 orang official dari BPBD kota /Kabupaten.
Disamping acara Jambore, juga ada Rapat Koordinasi seluruh Kepala pelaksana ( Kalaksa ) BPBD Kabupaten / Kota Sumatera Barat , dan Kalaksa BPBD Propinsi Sumatera Barat dan juga dibadiri oleh unsur Badan penangulangan Bencana Nasional ( BNPB )
Acara Jambore diisi dengan Lomba lomba yang diikuti seluruh kontengan antara lain :
1. Lomba Pertolongan Pertama Gawat darurat ( PPGD )
2. Lomba Cerdas Cermat
3. Lomba Pemasangan dan Bongkar Tenda ( PBT )
4. Lomba Dapur Umum ( D U )
5. Lomba Kaji Cepat dan Managemen Posko,
Dalam setiap lomba juri dilakukan oleh team Teknis yang terdiri dari gabungan beberapa Lembaga masyarakat sipil. Panitia langsung BPBD Propinsi dan BPBD Tananah Datar selaku Panitia daerah.
Wawan Budianto Kordinator Team Teknis, ketika ditanyakan SK apa tujuan Jambore ini dilaksanakan menyatakan “ Untuk lebih memperkuat Kapasitas masyarakat dalam Pengurangan resiko bencana, mendorong pemerintah supayamau memberikan Kapasitas dan mendorong tumbuh kembang nya Kelompok siaga bencanaditengah masarakat . Wawan menambahkan “harapan lebih luas Jambore PRB ini bisa menjadi Model dan diadopsi oleh BNPB atau pPopinsi lain nya di wilayah Indonesia”.(srksb)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09241 seconds.