Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Berau Hanya Diikuti 7 Parpol Pengusung Untuk Pilkada 2015 Berita

Tanjung Redeb,03/08/15. Swara Komunitas Gema Bersatu. Pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 di Kabupaten Berau, KPUD Berau hanya menetapkan 7 parpol sebagai partai pengusung. Sebab, menurut Komisioner KPUD Berau yang juga Divisi Teknis Penyelenggaraan, Pendidikan Pemilih dan Sosialisasi Rita Noratni sesuai formulir B KWK1 parpol yang diserahkan pasangan calon, masing-masing Muharram-Agus Tantomo 3 parpol dan Ahmad Rifai-Fahmi Rizani 4 parpol. “Kedua paslon telah memenuhi syarat dukungan minimal jumlah kursi di DPRD Berau yakni 6 kursi,” ungkapnya.
Dia memastikan syarat dukungan parpol dipastikan tidak dapat dirubah dan diperbaiki lagi. Meskipun ada waktu perbaikan 4-7 Agustus 2015. Sebab, yang dapat diperbaikihanya syarat pencalonan Bupati dan Wakil Bupati, bukan syarat pencalonan pasangan calon.
“Syarat paslon itu dituangkan dalam formulir B KWK Parpol sampai B4 KWK Parpol. Semuanya harus ada dan lengkap saat pendaftaran paslon pada 26-28 Juli 2015 pukul 16.00 Wita. Jadi tidak bisa dirubah dan diperbaiki lagi. Itu bukan kami yang mengatakan, tetapi sudah perintah PKPU nomor 9/2015 dan nomor 12/2015,” tandasnya.
 

Ditanya penyebab Partai Golkar dan Partai Nasdem tidak bisa menjadi partai pengusung. Rita menegaskan bahwa pihaknya tetap berpatokan pada formulir B KWK1 Parpol yang diserahkan dan ditandatangani pasangan calon dan partai pengusungnya.
“Jadi sekali lagi, berdasarkan formulir B KWK1 Parpol, maka hanya 7 parpol saja yang ditetapkan sebagai partai pengusung,” tandasnya.

Empat parpol mengusung pasangan calon Ahmad Rifai-Fahmi Rizani. Yaitu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Gerindra dan PDI Perjuangan.
Tiga parpol mengusung pasangan calon Muharram-Agus Tantomo, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Bulan Bintang (PBB).
Diketahui, berdasarkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif ada 9 partai politik yang berhasil memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Berau. Yaitu, Partai Golkar (5 kursi), PPP (5 kursi), Partai Nasdem (3 kursi), PKS (4 kursi), PAN (3 kursi), Partai Gerindra (3 kursi), PBB (2 kursi) dan PDI Perjuangan (1 kursi).
 

Sementara itu Sekretaris DPD II Partai Golkar Kabupaten Berau versi Aburizal Bakrie (ARB) M Amin HN mengatakan saat pendaftaran pasangan calon, pihaknya sudah menyertakan Surat Keputusan (SK) DPP Partai Golkar versi ARB, untuk pasangan calon Ahmad Rifai-Fahmi Rizani.
Namun kata dia, pihaknya juga mengakui terlambat menyerahkan SK DPP Partai Golkar versi Agung Laksono (AL).
“SK DPP versi Agung Laksono telah menetapkan Ahmad Rifai-Fahmi Rizani sebagai pasangan calon yang diusung. Artinya, kedua kubu DPP Partai Golkar sudah mengusung satu pasangan calon yang sama sebagaimana PKPU nomor 12/2015 pasal 36. Tetapi karena SK DPP Partai Golkar versi Agung Laksono masih dalam perjalanan dan terbatasnya waktu pendaftaran, kedatangan SK tidak dapat ditunggu KPUD. Akibatnya, Partai Golkar tidak bisa mengusung pasangan calon. Tetapi kami tegaskan, Partai Golkar solid untuk Ahmad Rifai-Fahmi Rizani,” ungkapnya. nsb/datu Lacuk.

 

 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09076 seconds.