Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Di Berau, Lanjutan Proyek Air Bersih Tidak Tidak Ada Kepastian. Berita

TANJUNG REDEB, 03/07/2015. Swara Komunitas Gema Bersatu. Setelah dua kali mengalami gagal lelang di tahun 2014 lalu, akhirnya lelang proyek sarana air bersih sistem perkotaan tahap III senilai Rp191 miliar dialihkan ke Lembaga Kebijakan Pengadaaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) pusat.
Tujuh bulan telah berlalu, namun lanjutan lelang proyek yang sangat dibutuhkan warga Berau itu tak kunjung terlihat kelanjutannya. Padahal Bupati Berau Makmur HAPK berjanji akan menyelesaikan proyek itu sebelum masa jabatannya berakhir.

Menanggapi itu, Direktur PDAM Tirta Segah Bahriansyah mengatakan, pada prinsipnya PDAM tidak bisa berbuat apa-apa lantaran kewenangan proyek itu berada di Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Namun PDAM, berkepentingan menjelaskan kepada masyarakat terkait lanjutan proyek pembangunan sarana air bersih itu. Sebab proyek ini sangat diperlukan masyarakat banyak.
“Tahap III ini belum jelas, mungkin DPU yang lebih tahu. Yang jelas, hingga kini masyarakat selalu menanyakan kapan dilayani pemasangan sambungan baru oleh PDAM. Masyarakat tidak mau tahu apa penyebab gagal lelang dan dialihkannya lelang itu, yang mereka ingin sambungan baru segera terealisasi. Wajar saja masyarakat bersikap seperti itu karena mereka sudah sangat lama menunggu. Kasihan masyarakat kita,” ujar Bahri.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Berau, Taupan Madjid mengatakan, pihaknya sangat menginginkan agar proyek ini segera berjalan, sehingga DPU tidak ditanya terus oleh DPRD, PDAM dan masyarakat.
“Tahap III inilah yang memastikan sambungan baru dapat dilaksanakan. Infonya minggu ini sudah ada pengumuman lelangnya, jadi silahkan ditanyakan ke panitian (ULP),” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP) Berau, Triana Krisnawati melalui Sekretaris M. Afif yang juga Ketua Pokja proyek lanjutan pembangunan sarana air bersih sistem perkotaan tahap III, masih belum mau berkomentar terkait hal ini.

Sebelumnya, mimpi PDAM Tirta Segah Kabupaten Berau di tahun 2014 untuk melayani daftar tunggu sambungan baru yang mencapai 7 ribuan sejak 7 tahun lalu dipastikan urung terealisasikan. Padahal, sisa masa jabatan bupati hanya tinggal dua bulan lagi, yang berarti semua proyek multiyears harus segera dituntaskan. Kini masyarakat hanya bisa berharap kesigapan Bupati Makmur sekali lagi demi kepentingan masyarakat banyak.(nsb/datu Lacuk)

 

 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08833 seconds.