Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Dari Sumatera Utara, Belajar SID sampai Lereng Merapi Berita

Peserta kunjungan belajar dari Sumatera Utara belajar membatik di workshop pembinaan batik Merapi Balerante di dusun Gondang, Balerante, Klaten, (4/6).

Sebanyak 15 peserta dari 7 desa, Bappeda dan BITRA Indonesia di Sumatera Utara belajar pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) di lereng Gunung Merapi, tepatnya di desa Balerante, Klaten, (4/6). Kelima belas peserta dari Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi itu antusias mengikuti penjelasan SID yang akan diterapkan di desa mereka.

“Kami akui, data di desa kami tidak akurat. Kami menyambut baik dengan adanya SID di desa kami. Saya khususnya ingin tahu bagaimana tata cara pembukuan, administrasi desa, surat-menyurat dengan memanfaatkan SID,” aku Bahrum Akbar Siregar, Sekretaris Desa Pekan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Penerapan SID di Sumatera Utara rencananya akan dilakukan tahun 2015 ini. Ketujuh desa peserta tersebut akan menjadi pilot project penerapan SID di Sumatera Utara. Ketujuhnya memiliki karakteristik geografis yang beragam. Desa Pekan Tanjung Beringin, Desa Besar II Terjun dan Desa Durian mewakili desa pesisir, sementara dari dataran tinggi diwakili Desa Tanjung Harap. Desa Bingkat, Sei Sijenggi, dan Serbajadi mewakili desa dengan karakteristik lokasi tanah datar menjadi peserta kunjungan belajar yang diinisiasi BITRA bekerjasama dengan CRI.

“Kami ingin belajar bagaimana sistem informasi data bisa menyajikan data yang akurat dan up to date (aktual-red). SID bisa jadi salah satu cara untuk mengembangkan sistem informasi data itu agar menjadi lebih baik lagi,” kata Taufik Saleh, Kepala Sub Bidang Sosial dan Budaya Bappeda Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Kepala Urusan Umum Desa Balerante, Jainu, menyambut baik kunjungan belajar para peserta tersebut. “Dari kunjungan ini semoga kita dapat saling bertukar informasi dan pengalaman untuk pengembangan desa masing-masing,” katanya.

Bertolak dari balai desa Balerante, rombongan menuju Gondang, dusun yang terletak 6 KM dari puncak Merapi. Di dusun tersebut, peserta mengunjungi workshop pembinaan batik Merapi Balerante. (Apriliana S. - CRI)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08958 seconds.