Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Masyarakat Mulai Merasakan Dampak Kerusakan TNBBS Berita

Desa Suka JayaKawasan hutan mempunyai fungsi sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan. Manusia sangat tergantung dan tidak bisa dipisahkan dari hutan. Kerusakan hutan tidak hanya mengganggu satwa yang ada didalamnya, tapi juga merusak dimensi kehidupan manusia di sekitarnya.

Penguasaan lahan skala besar oleh korporasi membuat masyarakat tersingkir dari sumber penghidupannya. Ditambah dengan bertambahnya jumlah penduduk, kebutuhan akan lahan semakin meningkat. Minimnya area peruntukan lain membuat masyarakat terpaksa merambah kawasan terlarang seperti TNBBS dan HPT Bukit Kumbang. Kawasan TNBBS yang sejatinya tidak boleh dirambah kini beralih fungsi menjadi kebun masyarakat. Akibatnya 3000 ha lebih kawasan mengalami kerusakan.  Tidak hanya itu HPT Bukit Kumbang juga beralih fungsi menjadi kawasan pemukiman dan perkebunan masyarakat. Di Kabupaten Kaur ada 2 dusun yang berada di kawasan HPT Bukit Kumbang yaitu Dusun Sidorejo dan Bangun Bersama.

  Dampak kerusakan TNBBS dan HPT Bukit Kumbang telah dirasakan oleh masyarakat Desa Suka Jaya, Kabuapten Kaur. Sihardin Kepala Desa Suka Jaya mengatakan sebelum tahun 2008 pagi hari masih banyak embun, cuaca masih sejuk dan air sangat dingin. Namun tahun 2008 cuaca berubah lebih panas. Embun tidak lagi nampak pada pagi hari, sumber mata air semakin berkurang sehingga saat ini terjadi masalah kekurangan air. Untuk mendapatkan air masyarakat memanfaatkan embung yang mata airnya kecil. 

Kepala Desa Suka Jaya berharap kerusakan hutan yang terjadi bisa segera diperbaiki . Masyarakat siap bekerja sama baik dengan pemerintah maupun dan lembaga lainnya untuk mengembalikan kelestarian TNBBS dan HPT Bukit Kumbang. Kami juga siap menjaga kawasan hutan tersebut agar tetap lestari tuturya.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.0903 seconds.