Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

MIRIS, PULAU TIKUS TERANCAM LENYAP Berita

gambar diskusi gerakan HARI BUMI

wilayah kota Bengkulu khususnya Pulau - pulau kecil dan pesisir bengkulu sudah hampir habis, terlebih lagi Pulau Tikus yang luasannya dari 2 Hektar sekarang menjadi 0,8 Hektar. padahal pulau tikus ini keberadaannya sangat memungkinkan untuk dijadikan ekowisata dan wisata bahari seperti memiliki kawasan ekosistem karang, biota laut, dan memiliki keindahan panorama bawah laut yang mendukung aktivitas ekowisata bahari seperti snorkling dan diving di sekitar kawasan Pulau Tikus dan kaya dengan sumber daya hayati yang memilki nilai ekonomi tinggi bagi nelayan sekitar kawasan pulau tikus. dan juga pulau kecil ini memiliki sejarah dimana terdapat menara yang dijadikan tempat pertahanan dimasa penjajahan menyambung dengan adanya keberadaan Benteng Malboro.

tetapi bisa kita lihat saat ini keberadaan Pulau Tikus lamban laun semakin tak terurus dan hilang, dikarenakan ketidakperdulian Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Kota Bengkulu dan tumpang tindih kebijakan pegurusan Pulau Tikus. dari beberapa permasalahan ini OKP (Oganisasi Kepemudaan) beserta pemerhati lingkungn melakukan gerakan lingkungan terkait permasalahan yang terjadi dalam penyelematan Pulau Tikus yang hampir punah. kawan kawan aktivis khususnya sudah melakukan diskus di Sekretariat WALHI Bengkulu pada hari sabtu, 04-April 2015 yang dihadiri oleh beberapa OKP, Lembaga Pemerhati Lingkungan, Himpunan Nelayan, MAPETALA UNIB, LANAL Bengkulu. dari hasil diskusi ini kawan - kawan sangat optomis dengan gerakan penyelamatan pulau tikus sembari memperingati HARI BUMI tanggal 22 April 2015 nanti, selain itu berdasarkan kesepakatan gerakan ini di Organisir oleh Forum Pemuda Peduli Bengkulu "FPPB" yang diketuai Feri Vandalis.

Feri Vandalis, mengatakan ini perlu ada gerakan besar terkait persoalan pulau tikus ini, kalau tidak kita siapa lagi yang akan menyelamatkan pulau yang penuh pesona dan wisata bahari. ini hanya gerakan awal dalam mendukung eksistensi kita terhadap kondisi lingkungan yang semakin terpuruk. kegiatan yang akan dilaksanakan Pra Hari Bumi FPPB akan mengadakan nonton bareng film lingkungan sekaligus menggalang dana sosial untuk menunjang kegiatan HARI BUMI tanggal 22 April 2015 tepatnya.

FPPB "Forum Pemuda Peduli Bengkulu" berpesan bahawasanya kegiatan ini akan menjadi gerakan bersama untuk mengingatkan Pemerintah Provinsi agar lebih intens lagi mdalam memperhatikan nasib pulau tikus ini. kami berharap pemerintah bisa mebuka mata dan telinga atas aksi kami nanti di HARI BUMI.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09664 seconds.