Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Ini Tahun Baruku, Mana Tahun Barumu Berita

 Gunungkidul – Yogyakarta (SK) Pergantian tahun merupakan momentum yang ditunggu-tunggu setiap umat manusia. Berbagai persiapan untuk merayakan dan menyemarakkan pergantian tahun sudah disiapkan jauh-jauh hari. Namun ada hal yang sedikit berbeda pada acara penyambutan pergantian tahun yang dilakukan pemuda dusun Prigi Sidoharjo Tepus Gunungkidul. Sejumlah pemuda yang tergabung dalam forum Karya Purna Akhir Tahun (KAPURITA) melaksanakan kegiatan yang berbeda untuk mengisinya. Akhir tahun diisi dengan memberdayakan pemuda dan masyarakat setempat dengan sebuah kegiatan dan karya yang manfaatnya diharapkan bisa dirasakan oleh semua kalangan. Kegiatan tersebut antara lain penanaman pohon, senam masal, perlombaan permainan tradisional, penyuluhan yang berkaitan dengan etika IT, bazar pakaian pantas pakai, dan bakti sosial yang ditujukan kepada beberapa masyarakat yang tergolong kurang mampu.

Acara dimulai pada 28 Desember dengan menyelenggarakan senam masal dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan jasmani melalui berolahraga. Warga masyarakat dusun Prigi yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan buruh swasta sangat antusias dalam melakukan kegiatan tersebut. Selain mendapatkan pengertian mengenai pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan, masyarakat juga merasa senang melakukan kegiatan senam pagi, yang sebelumnya hanya dapat mereka lihat melalui program tayangan di televisi.


KAPURITA juga mengadakan perlombaan permainan tradisional yang diselenggarakan 28 – 30 Desember. Berbagai macam perlombaan diantanya lomba lari karung, lomba makan krupuk dan lomba lari teklek. Hal ini dilaksanakan didasari dengan suatu rasa keprihatinan bahwa permainan tradisional saat ini sudah mulai tergeser dengan adanya era digital yang menyebabkan anak- anak lebih tertarik bermain game online dan playstation. Sehingga anak-anak pada masa sekarang ini terkesan mulai tidak mengenal dan meninggalkan warisan budaya berupa permainan tradisional. Oleh sebab itu KAPURITA berharap dengan diadakanya perlombaan permaian tradisional ini anak – anak mampu mengenali kembali warisan budayanya, memperoleh dampak positif yang ada pada permainan tradisional yang diantaranya terjadi interaksi sosial sehingga sifat saling membantu dan gotong royong tertanam dalam jiwa mereka.

Pada tanggal 30 Desember panitia yang bekerjasama dengan salah satu dosen fakultas hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta, melakukan kegiatan penyuluhan yang ditujukan untuk pemuda Prigi yang kini mulai gemar menggunakan sosial media. Penyuluhan yang dilakukan bertema penanaman etika IT, yang mana pemuda dusun Prigi diharapkan mampu menggunakan internet dan sosial media dengan lebih bijak. Selain itu panitia juga membuka bazar pakaian pantas pakai. Kegiatan bazar pakaian pantas pakai berlangsung hampir setiap malam mulai dari tanggal 28 – 31 Desember. Bazar ini bertujuan untuk penggalangan dana dari warga masyarakat sekitar, selanjutnya pendapatan yang diperoleh panitia dari bazar tersebut digunakan untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial, memberikan kebutuhan pokok kepada beberapa warga yang masih kurang mampu.

Dipuncak kegiatan, yaitu tanggal 31 Desember seluruh panitia Karya Purna Akhir Tahun bersama – sama melakukan kegiatan penanaman bibit pohon sengon dan jati di sejumlah lahan kosong di dusun Prigi. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya menanamkan pengertian kepada seluruh pemuda dan masyarakat akan pentingnya penghijauan. Begitu besar manfaat yang diperoleh dengan hijaunya wilayah kita, paling tidak setiap hari akan memperoleh udara segar yang bebas polusi, selain tentunya bisa mencegah terjadinya erosi dan mampu mengikat air tanah. Kegiatan ditutup dengan perayaan tahun baru dan mengundang seluruh warga masyarakat dusun Prigi. Dalam kesempatan tersebut dimeriahkan dengan pembagian hadiah lomba, live akustik dari beberapa mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta, warga masyarakat dan dari panitia KAPURITA.
( Huda Restu Pramudhita @Huda_Dhita )

Komentar (1)

  • 9 Jun 16 11:37 wib Hanacaraka FM

    Keren ya, gini nih anak muda :)

Page generated in 0.08884 seconds.