Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Kampung Wisata Tetebatu Harapan Masa Depan Warga Orong Gerisak Berita

Tetebatu SK. Harus disadari dan disyukuri oleh semua pihak, terutama oleh masyarakat Lombok Timur bahwa sesungguhnya daerah kabupaten Lombok Timur memiliki potensi kekayaan alam yang melimpah yang dapat dijadikan sebagai obyek dan daya tarik wisata, baik wisata alam, budaya maupun wisata religi. Daratan yang indah, gunung yang menjulang tinggi, lembah yang mempesona, laut yang luas dengan pantai berpasir putih, gili-gili yang mungil, semua itu dapat dijadikan sebagi obyek wisata alam. Demikian pula kekayaan budaya yang berupa adapt-istiadat, kesenian, sejarah, dan budaya hidup masyarakat serta berbagai keterampilan yang dimiliki masyarakatnya untuk membuat kerjainan tangan dan industri rumah tangga lainnya dapat jua dijadikan sebagai daya tarik wisata budaya. Dan berbagai peninggalan sejarah seperti makam-makam bersejarah yang tersebar di berbagai tempat merupakan obyek wisata religi yang tak kalah menariknya serta menjadi daya tarik yang tiada ternilai harganya baik bagi masyarakat/wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara.
Oleh sebab itu kekayaan alam dan budaya tersebut, di samping harus dieksplorasi dan dimanfaatkan secara optimal untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Lombok Timur, harus pula dijaga, dipelihara, dirawat dan dilestarikan keberadaannya. Oleh karena itu, semua lapisan masyarakat harus berpartisipasi aktif dan melibatkan diri baik secara langsung maupun tidak langsung untuk ikut memelihara dan melestarikan kekayaan alam dan budaya yang dimilikinya.
Sekaitan dengan hal tersebut, Kelompok Sadar Wisata Desa Tetebatu yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata Pemuda Peduli Pariwisata dan Lingkungan ( Pokdarwis P3L ) berkeingginan mengembangkan Dusun Orong Gerisak Desa Tetebatu sebagai kampung Wisata sebagai salah satu Destinasi Utama Pariwisaata di Lombok Timur dengan konsep Kampung Wisata Tetebatu.
Bram Ramli salah satu pegiat pariwisata dan pemilik Home Stay Tetebatu Indah ( www.tetebatuindahhomestay.com ) yang berada di Dusun Orong Gerisak Desa Tetebatu menjelaskan bahwa Dusun Orong Gerisak sangat potensial di jadikan tempat Wisata karna Dusun ini mempunyai berbagai Obyek Wisata seperti : Air Terjun, Hutan, hamparan Sawah serta indah Gunung Rinjani bisa di nikmati dari sini ucapnya, Bram Ramli juga menambahkan dalam waktu dekat akan membuka jalur pendakian ke Rinjani dari Tetebatu karna jarak tempuh dari Tetebatu ke Punjak Rinjani yang kurang lebih Lima jam perjalanan dengan indahnya pemandangan Alam di Hutan belantara Tetebatu menjadi daya tarik jalur pendakian ini . Padli
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08957 seconds.