Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

PKBM WERE MANDIRI BIKIN PELATIHAN JURNALISTIK Berita

foto bersama selesai KegiatanPelatihan

Weda 6/9/2014, Pemuda Desa Were Kecamatan Weda Kabupaten Halmahera Tengah Maluku Utara yang tergabung dalam Pengelola PKBM Were Mandiri bekerja sama dengan PNPM Mandiri Pedesaan melakukan Pelatihan Jurnalisme Warga dan Pengelolaan Radio Komunitas. kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 4-6 September 2014 bertempat di Gedung Komputer Desa Were.

Pemateri yang dihadirkan dalam pelatihan tersebut diantaranya bapak Sarwono penggiat radio komunitas dan salah seorang tokoh pengelola suarakomunitas.net dari Yogyakarta, dan bapak Nardiansyah Noer Ketua Komisi Penyiaran Daerah (KPID) MalukuUtara. Peserta pelatihan adalah para pemuda di desa were dan desa sekitar yang senang dengan dunia radio dan jurnalistik. Sebanyak 20 orang peserta yang ambil bagian dalam kegiatan  tersebut.

Selain memberikan materi seputar Jurnalisme Warga dan Manajemen pengelolaan Radio Komunitas (Rakom.red), Mas Sarwono juga berbagi pengalaman selama menggeluti Rakom di berbagai daerah di nusantara, diantaranya di Aceh, pulau Jawa bahkan hingga ke Sulawesai. Antusiasme peserta sangat terlihat ketika materi yang disampaikan oleh pemateri langsung dipraktekkan, seperti cara membawakan acara talkshow radio dan teknik pembuatan jingel radio.

Materi aspek legalitas lembaga penyiaran komunitas yang disampaikan oleh Pak Ancha sapaan akrab Ketua KPID, disampaikan secara gamblang dan terbuka, dengan sedikit memberikan arahan dan masukan sesuai dengan amanat Undang-Undang 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Pada kesempatan itu pula, Ketua KPID juga memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan. Pak Ancha menambahkan bahwa  sangat jarang kegiatan pelatihan semacam ini dilakukan oleh jurnalis ataupun lembaga organisasi  di Maluku Utara sehingga hal ini merupakan langkah maju pemuda dan masyarakat di Kota Weda Kab. Halmahera Tengah. Namun Ketua KPID Malut tetap mengingatkan agar dokumen perizinan lembaga penyiaran komunitas harus segera dibuat agar legalitas penyiaran dan keberadaannya diakui oleh pemerintah.

(SS WereFM)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08851 seconds.