Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Cara Pengolahan Sagu Berita

KENDARI (SK) – Pohon sagu merupakan tumbuhan yang menghasilkan tepung sagu untuk bahan baku sinonggi. Cara pengolahan pohon sagu menjadi tepung adalah dengan menebang batang pohon sagu di dekat akar. Setelah di tebang, batang sagu dipenggal-penggal menjadi potongan-potongan.

Potongan batang sagu ini harus dijaga tetap basah sehingga pada pengolahan selanjutnya lebih mudah. Batang sagu dibelah dan bagian dalam batang itu dihancurkan dengan alat pemarut dari papan yang dipasangi paku. Hasil parutan berupa serpihan-serpihan gumbal seperti serbuk gergaji.
 

Serpihan ini lalu diremas-remas sambil disiram air. Proses ini dikerjakan di pinggir sungai karena dalam proses ini membutuhkan banyak air. Biasanya para pengolah membut gubuk-gubuk kecil di pinggir sungai sehingga mereka tidak kepanasan saat melakukan pengolahan.

Hasil perasan sari-sari sagu kemudian diendapkan di tempat yang telah disediakan. Setelah diamkan dengan waktu yang telah di tentukan, maka sari-sari sagu tenggelam di dasar wadah, selanjutnya air pada di buang, kaka jadilah tepung sagu. Tepung sagu yang telah jadi di pindahkan ke tempat yang telah disediakan. Tempat sagu biasanya meraka buat dari pelepah sagu atau daun sagu atau yang mereka sebut Sanggobi. (Ibe/JRK Sultra)
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.33428 seconds.