Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

PROFILING Sahabat WALHI Bengkulu Kisah

Berawal dari kumpul bareng dengan Mitra Walhi daerah Bengkulu, dengan lembaga Cahaya Perempuan WCC Bengkulu dan Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Wilayah Bengkulu, terkhusus dari lembaga Cahaya Perempuan WCC mereka mempunyai teman-teman remaja dari pelajar, baik dari tingkat SMP,SMA,SMK dan FARMASI, mereka tergabung dalam perkumpulan Pusat Informasi Konseling Remaja ( PIK-R) wilayah bengkulu.

Dan juga Walhi Bengkulu memiliki beberapa jaringan mahasiswa/i pencinta alam dan organisasi kepemudaan (OKP) dan juga Badan Eksekutif di universitas negeri maupun swasta di bengkulu, serta komunitas-komunitas pemuda yang ada di bengkulu, seperti Komunitas Mangrove Bengkulu dan Komunitas Puspa Langkah Bengkulu.

Memang selama ini sudah sering kita melakukan kegiatan bersama dalam aksi-aksi lingkungan dan berdiskusi lebih lanjut baik itu persoalan lingkungan hidup maupun tetang ekonomi social budaya, melihat semangatnya teman-teman remaja selama ini dalam ikut terlibat kegiatan walhi daerah bengkulu, sehingga pada akhirnya kami berkumpul sekitar awal bulan april 2014, membahas lebih lanjut untuk melakukan gebrakan yang lebih besar lagi untuk membuat suatu wadah berkumpul, dan juga bisa menjadi sebuah agenda khusus untuk pembelaan lingkungan hidup serta berbagai kegiatan yang lain nya baik itu isu social budaya agama maupun kegiatan-kegiatan ekstra universitas maupun di sekolah.

Hasil diskusi yang dilakukan Walhi daerah bengkulu dengan teman-teman remaja dan Mitra Walhi, dengan keputusan bersama maka di namakan wadah untuk bekumpul dengan sebutan ”Sahabat WALHI Daerah Bengkulu” teman-teman remaja dan mahasiswa/i khususnya sepakat dengan nama yang sudah di sepakati bersama. Sehingga di buat sebuah agenda rutinitas untuk Sahabat WALHI daerah bengkulu, dengan tiga agenda sebelum hari minggu dan acara pada pagi minggu, yaitu :

1. Mencari Bibit mangrove di Taman Wisata Alam pantai panjang bengkulu
2. Joging bersama di pantai bengkulu
3. Bersih-bersih wilayah pantai bengkulu
4. Penanaman mangrove dan ketaping ataupun cemara di pesisir pantai bengkulu

Maka dalam minggu pertama tepatnya tanggal 1 mei 2014 hari kamis sore pukul 15.00 Wib, Sahabat WALHI daerah bengkulu mencari bibit mangrove yang pertama di Taman Wisata Alam pantai panjang bengkulu, untuk bibit penanaman di pesisir pantai bengkulu dengan acara rutinitas di pagi minggu.

Minggu pagi tanggal 4 mei 2014 pukul 05.30 Wib, Sahabat WALHI daerah bengkulu, berkumpul di Sport Center pantai panjang bengkulu, setelah kumpul satu persatu dari para Sahabat Walhi bengkulu, maka di lanjutkan acara yang pertama jogging bersama di jogging track di pantai panjang setelah jogging bersama, pada pukul 07.00 Wib istirahat sekitar 20 menit, di lanjutkan bersih-bersih wilayah pantai panjang sampai pukul 09.00 Wib, istirahat lagi sekitar 15 menit, dan di lanjutkan penanaman Mangrove. Setelah pukul 11.00 Wib Sabahat Walhi bengkulu membubarkan diri pulang ke rumah masing-masing.

Melihat semangatnya para Sahabat Walhi bengkulu di minggu pertama, maka banyak lagi dari berbagai elemen pelajar,mahasiswa dan masyarakat mau bergabung dalam aksi nyata yang dilakukan Sahabat Walhi bengkulu. Kami sangat terbuka sekali untuk masyarakat yang mau bergabung dengan Sahabat Walhi bengkulu dalam acara rutinitas yang di buat tiap pagi minggu jogging bersama dan bersih-bersih pantai.

Pada minggu yang kedua tanggal 11 mei 2014, sama seperti yang minggu pertama, tetapi di minggu yang kedua tidak mencari bibit mangrove lagi, karena kondisi Sahabat Walhi bengkulu pada sibuk kegiatan di sekolah dan masing-masing di kampus. Tetapi masih tetap melakukan acara rutinitas jogging bersama dan bersih pantai. Pada waktu yang sudah di tentukan pukul 05.30 wib tetap berkumpul di Sport Center pantai panjang bengkulu dan lanjut jogging bersama setelah itu baru bersih-bersih pantai panjang bengkulu sampai pukul 09.30 Wib.


Pada minggu yang ke tiga tanggal 18 mei 2014 pindah lokasi berkumpul di Tugu Pers Tapak Paderi, masih tetap berkumpul pada pukul 05.30 wib, jogging bersama lanjut bersih-bersih pantai Tapak Paderi dan Pondok Besi di pantai jakat bengkulu. Setelah itu lanjut penanaman mangrove dan ketaping di wilayah pantai jakat bengkulu. Kebetulan acara pada minggu 18 mei 2014 ini, Sahabat Walhi bengkulu kedatangan tamu dari USA. Jeff Conant,” Friends Of The Earts (FOE) Dan “ Brihannala Morgan,” RAN (Rainforest Action Network) USA. Mereka ikut terlibat dalam kegiatan Sahabat Walhi Bengkulu bersih-bersih pantai dan menanam mangrove serta ketaping.

Ketika kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman, istirahat sambil ngobrol-ngobrol di bawah pohon cemara, ketika itu ada beberapa masukan dari ,”Jeff Conant (FOE),” salah satu hal yang saya pelajari bawasannya Ahli dan para Sahabat Walhi Bengkulu yang terus melakukan aksi ini membersihkan pantai bengkulu , maka perlunya dukungan dari masyarakat juga agar adanya pemanfaatan limbah yang bisa berguna apabila dikelola lebih jauh banyak tempat didunia yang mengadopsi zero waste policy yang melibatkan pengurangan sampah penggunaan kembali material yang bisa digunakan (daur ulang) dan memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang cara mengelola sampah yang baik kaitannya dengan penanaman mangrove, karena mangrove sangat berguna untuk melindungi area dari erosi dan memberikan manfaat yang besar pada lingkungan, dan sekali lagi saya merasa bangga bisa ikut bergabung bersama Sahabat Walhi Bengkulu dalam kegiatan ini.

 

Brihannala Morgan (RAN),” Saya sangat bergembira dengan melakukan hal peduli lingkungan bengkulu, pemuda nya sangat semangat melakukan hal seperti ini. Kebersihan pantai dan menanam mangrove, agar bisa membantu pariwisata bengkulu menjadi lebih baik. Dan kedepan masyarakat mahasiswa dan pemuda bisa bekerja sama untuk mendukung masyarakat dalam melakukan hal serupa, masayarkat bisa peduli terhadap lingkungan. kegiatan permulaan yang sangat baik, mungkin para mahasiswa dan masayarakat bengkulu agar perduli lagi terhadap bengkulu khususnya.” Tutup Brihannala Morgan”

Para Sahabat Walhi Bengkulu juga merasa senang dengan kehadiran teman-teman dari USA, ini hal yang sangat berharga buat Sahabat Walhi Bengkulu, mengingat ini semua meningkatkan kepedulian lagi pada kaula muda dan masyarakat bengkulu pada umumnya agar lebih sadar peduli lagi terhadap lingkungan hidup.

 

 

Kegiatan rutinitas ini akan tetap selalu di lakukan tiap hari minggu, dan juga akan membuat kegiatan lebih banyak lagi khususnya dalam penyelamatan lingkungan hidup di wilayah bengkulu Indonesia pada umumnya.

 

 

 

 

 

Salam
Feri vandalis
Sahabat WALHI Bengkulu

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09218 seconds.