Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Undangan Diskusi Terbuka bersama Etnohistori tentang New Media Berita

Etnohistori adalah kelompok kerja kolektif berbentuk koperasi yang memiliki fokus terhadap kajian antropologi dan sejarah Indonesia berbasis kajian lapangan, publikasi, dan advokasi masyarakat. Kelompok kerja ini memperkenalkan serta mempraktikkan etnografi dan histografi dengan memberikan materi sejarah alternatif dan metode penelitian kepada khalayak. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi etnohistori.org

Diskusi ini akan membahas terbitan tematis jurnal Etnohistori. Tema yang diangkat pada edisi ini semula berkaitan dengan kegiatan yang diselenggarakan bersama dengan Forum Film Dokumenter. Etnohistori mengembangkannya lebih luas dengan menurunkan tulisan dari berbagai fokus telaah. Tujuan edisi ini adalah untuk mengeksplorasi ide-ide mengenai efek teknologi terhadap beragam praktek keseharian di bidang politik, sosial, budaya dan ekonomi. Apakah perkembangan dari apa yang disebut New Media berefek terhadap serangkaian praktek yang selama ini kita lumrahi? Bagaimana teknologi itu memberi efek? Kita ingin mengangkat permasalahan yang diakibatkan ketika teknologi itu meretas batas-batas medium atau, menggunakan kata Bourdieu yang diangkat dalam edisi ini, beragam arena dan, sebagai akibat daripadanya, ekspansi daripada agen-agen yang berada dalam arena dan bermain dalam permainan yang terus-menerus berubah. Kalau ditilik dalam pandangan longue duree, akar permasalahan itu bisa ditarik jauh sebagai bagian dari trend sejarah modern yang memperluas akses partisipasi, utamanya kecenderungan perkembangan teknologi untuk memperbesar jumlah agen.

Pertanyaaan adalah akan seberapa jauh perkembangan teknologi itu memungkinkan naiknya individu sebagai agen pada tingkat yang paling atomistis untuk berperan dalam beragam arena kehidupan. Bagaimana lantas nasib para elit? Apakah masih ada peranan mereka dalam dunia partisipatif ini? Dan dalam bentuk apa 'elit' itu dapat diciptakan? Pada saat yang bersamaan, kita juga mempertanyaan seberapa stabil-kah authorship dalam protokol penciptaan pemaknaan? Bagaimana kemunculan dari protokol penciptaan kebudayaan yang anonim dan partisipatif itu memunculkan bentuk-bentuk kebudayaan baru?

Untuk membahas pertanyaan-pertanyaan tersebut maka kami mengundang kawan-kawan pegiat media komunitas dan semua peminat kajian media untuk hadir dalam diskusi terbuka yang akan diadakan pada:
Hari, tanggal : Kamis, 5 Juni 2014
Waktu             : 15.00 WIB - selesai
Tempat           : Pendopo Limasan COMBINE Resource Institution, Yogyakarta

Demikian undangan ini kami buat. Kami berharap kawan-kawan dapat hadir dan ikut berbagi pemikiran dan pengalaman kawan-kawan semua. Sebagai pengantar diskusi kami lampirkan materi sebagai berikut. (sila klik untuk mengunduh)

 

Salam,

 

Redaksi Etnohistori

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08964 seconds.