Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Bansos Abdya Untuk Mahasiswa Miskin Rp 1,085 M Berita

 Blangpidie (SK) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya sudah memplot anggaran untuk bantuan sosial (Bansos) mahasiswa miskin Rp 1.085.000.000 dari APBK 2014. Bupati Abdya melalui Kabag Keistimewaan, T. Arifin SH mengatakan bahwa bansos tersebut hanya diperuntukkan untuk mahasiswa miskin yang dibuktikan dengan surat keterangan miskin/kurang mampu dari keuchik (kepala desa) dan mengetahui camat setempat.

Menurut T Arifin, bansos itu ditempatkan di Dinas Pengelola Keuangan dan Kekayaan Kabupaten (DPKKK) Abdya. Sedangkan untuk kepengurusan administrasi pendaftaran calon penerima bansos tersebut di bagian keistimewaan setdakab.

“Sedangkan Bagian Keistimewaan Setdakab Abdya mengurus administrasi pendaftaran calon penerima bansos. Bansos tersebut diperuntukkan untuk mahasiswa dari keluarga miskin jenjang pendidikan S1 dan D-III”

Pendaftaran untuk mendapatkan beasiswa ini di Bagian Keistimewaan Setdakab setempat, 5-30 Mei 2014. Semua data yang masuk akan diverifikasi kembali untuk melihat kelayakan penerima bansos tersebut. Menurut T Arifin, setelah pendaftaran berakhir nanti, seluruh data yang masuk akan diverifikasi sehingga bansos tersebut benar-benar tepat sasaran. Verifikasi juga langsung dilakukan kelapangan untuk melihat kelayakan mahasiswa sebagai calon penerima bansos ini.

Adapun syarat calon penerima bansos berupa: surat permohonan yang ditujukan kepada Bupati Abdya, Fotocopy KTP yang dilegalisir oleh pejabat berwenang, fotocopt KK standar nasional yang dilegalisir pejabat berwenang, surat keterangan miskin/kurang mampu dikeluarkan keuchik dan mengetahui camat setempat, surat keterangan aktif kuliah asli dari perguruan tinggi yang ditandatangani pejabat berwenang, fotocopy KTM yang telah dilegalisir, fotocopy KHS semester terakhir yang telah dilegalisir, dan fotocopy buku rekening Bank Aceh, termasuk nomor handphone (HP).

Namun terkait nilai bansos tersebut belum ada penjelasan karena tergantung jumah mahasiswa yang terdaftar dan layak sebagai penerima dana ini.

Komentar (4)

  • 10 Jun 14 06:04 wib Silvia Habibah

    aamiin, semua org pasti ingin keadilan bagi seluruh rakyat... mudah2an para pemimpin kita benar2 menjalankan amanah.

  • 6 Jun 14 02:00 wib rahmat syah

    Saya sbagai mhsswa asal abdya, berharap bahwa beasiswa abdya itu harus di berikan kepada para mahasiswa yg kurang mampu, sebab mahasiswa abdya adlah penerus abdya, maka dri itu jangan sampai beasiswa di berikan kepada para kerabat dekat pejabat setempat, Bek sampee yang to2 ngoen apui mantong yg tuthong,,,,,

  • 28 Mei 14 12:50 wib Silvia Habibah

    ini bukan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan, tapi cuma bantuan sosial untuk mahasiswa kurang mampu... beasiswa S2 dan S3 biasa_a udah ada di LPSDM Provinsi Aceh :)

  • 26 Mei 14 11:36 wib FAIS

    KENAPA UNTUK MAHASISWA S DAN S3 DALAM DAN LUAR NEGERI TDK DISEDIAKAN

Page generated in 0.09734 seconds.