Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

PNPM Balongbendo Adakan Pelatihan PKM Berita

Sidoarjo, (SK) - Sebanyak 120 Pelaku PNPM Kecamatan Balongbendo mengikuti pelatihan PKM (Pengembangan Kapasitas Masyarakat) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pelakunya.

Pelatihan ini di ikuti semua unsure pelaku PNPM yang terdiri dari secretariat, UPL (Unit Pengelola Lingkungan), UPS (Unit Pengelola Sosial), UPK (Unit Pengelola Kegiatan), Dewan Pengawas dan Relawan. Kegiatan tersebut diadakan mulai tanggal 1-2 Maret 2014, bertempat di Wisata Bhakti Alam, Nongko Jajar, Pasuruan.

Fasilitator PNPM Mandiri Perkotaan Kecamatan Balongbendo, Heri Prastowo mengatakan jika pelatihan ini di samping meningkatkan kapasitas para pelaku PNPM juga bertujuan untuk menyatukan visi seluruh pelaku PNPM di Kecamatan Balongbendo.

“Karena semakin berkembangnya program PNPM menuntut adanya para pelaku PNPM yang lebih berkwalitas, selain itu juga bertujuan memperkuat visi pengabdian pelaku PNPM,” jelas Heri.

Ditambahkan, target setelah diadakan pelatihan ini ada peningkatan semangat kerja para pelaku PNPM dan meminimalkan segala hambatan yang ada di program PNPM. Menurut Heri, setelah beberapa tahun Program PNPM berjalan, ada penurunan semangat kerja para pelaku PNPM. Selain itu, selama berjalannya program PNPM tidak menutup kemungkinan ada disparitas visi dari pelaku PNPM. “Agenda ini akan kita lakukan setiap tahun untuk menjaga konsistensi para pelaku PNPM,” tandasnya.

Tanggapan positif muncul dari para peserta pelatihan, salah satunya Luluk Fauziah, sekretaris UPK desa Balongbendo mengatakan jika pelatihan PKM ini banyak manfaatnya terutama bisa mengumpulkan seluruh pelaku PNPM dari berbagai desa. “Dari kegiatan seperti ini saya bisa bertukar pengalaman dengan semua pelaku PNPM yang ada di kecamatan Balongbendo, disamping itu ada tambahan pengetahuan,” urai Luluk. (Widodo-PendowoFM)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09345 seconds.