Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Inilah Aturan Pemasangan Alat Peraga Kampanye di Minut Berita

Pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 akan menjadi ajang pelibatan warga terbesar di tanah air Indonesia. Diperkirakan akan ada ribuan spanduk, baliho, panji, umbul-umbul, dan sederet alat peraga kampanye lainnya memenuhi sudut-sudut desa sampai kota. Khusus di Kabupaten Minahasa Utara (MINUT) pemerintah telah mengatur lokasi-lokasi yang dilarang dipasang alat peraga.

Sejatinya kawasan-kawasan publik dan ruang terbuka adalah lokasi penting yang menjadi incaran pemasangan alat peraga kampanye Pemilu oleh Partai Politik (Parpol) dan para calon legislatif (Caleg), namun Pemkab Minut melarang pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 13 tahun 2013, tentang tata cara pemasangan alat peraga kampanye di tempat umum wilayah Kabupaten Minut.

Untuk pemasangan alat peraga kampanye tentunya harus terlebih dahulu mengurus ijin. Dalam Perbup tersebut disebutkan tempat-tempat yang dilarang untuk pemasangan atribut alat peraga kampanye yaitu tidak boleh dipasanga di jalan protokol Manado-Bitung-Minahasa, jalan provinsi, jalan Kabupaten Minut serta jalur jalan menuju kantor Bupati Minut, kecuali dipasang di luar bahu jalan minimal 2 meter.

Alat peraga kampanye juga dilarang dipasang di taman SBY, taman makam pahlawan Maria Walanda Maramis, taman purbakala, taman PKK Kalawat, bundaran simpang tiga terminal Tumatenden, kawasan terminal dan pasar, kawasan perguruan tinggi, sekolah dan lokasi pariwisata. Pemasangan alat peraga kampanye juga tidak boleh mengganggu arus lalu lintas, baik kendaraan maupun pejalan kaki.

Pemerintah Minahasa Utara melalui kewenangan Satuan Polisi Pamong Praja akan menertibkan jika ada alat peraga kampanye yang dipasang tidak sesuai Perbup. Saat Pemilu 2014 nanti masyarakat diharapkan dapat menggunakan hak pilihnya secara bijak dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09055 seconds.