Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Rakom Miracle FM, Mengudara Saat Banjir Terjang Manado Berita

Manado, SuaraKomunitas.Net – Radio Komunitas (Rakom) Miracle FM menjadi satu-satunya rakom di sekitar Manado yang mengudara ketika banjir bandang menerjang Kota Manado, Rabu (15/1/2014) lalu. Bermodal radius jangkauan hampir tiga kilometer, Miracle FM hadir dengan hiburan rohani dan info seputar banjir.

“Target jangkauannya di seputaran Kecamatan Pineleng Minahasa dan sebagian Kota Manado,” kata Raymond, sang pengelola radio saat berbincang dengan Ketua JRK Sulut, Marcos Dipan.

Radio yang berusia belum cukup sebulan ini awalnya hanya mendendangkan lagu-lagu saja tanpa berita, namun ketika siaran percobaannya dilakukan, bersmaan dengan itu banjir menerjang Manado. Info seputar bencana banjir akhirnya tersaji walau belum maksimal.

Selain Miracle FM, terdapat juga rakom Mentari FM yang tegap mengudara di kawasan Likupang, Minahasa Utara. Radio ini berada di pesisir Likupang Timur, dimana banjir juga menerjang kawasan tersebut.

Kepala lingkungan Kuala Batu, Framy Supit mengatakan saat itu banjir setinggi lutut menggenangi wilayah Kuala Batu dan desa Sarawet di Kecamatan Likupang Timur. Warga setempat sempat mengungsi tetapi segera kembali tak lama kemudian, “Banyak warga Likupang mengetahuinya melalui radio komunitas,” ucapnya.

Seperti diketahui, Bencana di Provinsi Sulawesi Utara juga telah merusak sembilan radio komunitas lainnya [baca: Bencana di Sulut, Sembilan Radio Komunitas Rusak], namun Informasi bencana dari kedua radio komunitas diatas ternyata menjadi saluran informasi penting bagi warga di kawasan lainnya. Sayangnya, sampai kini kehadiran radio komunitas masih terkungkung dan belum diberdayakan sepenuhnya oleh pemerintah.

Komentar (1)

  • 2 Feb 14 13:20 wib Elanto Wijoyono

    Twit ‏@jalinbencana: #MANADO #NEWS - Radio Komunitas Miracle FM, Mengudara Saat #Banjir Terjang Manado ~ JRK Sulut via http://suarakomunitas.net/baca/78194/rakom-miracle-fm--mengudara-saat-banjir-terjang-manado/ …

Page generated in 0.09066 seconds.