Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Pusat Hanya Salurkan 100 Juta untuk Darurat Bencana Manado Berita

Manado, SuaraKomunitas.Net – Kondisi Kota Manado yang porak=poranda diterjang Banjir Bandang pada Rabu (15/1/2014) ternyata kurang mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat. Sampai hari ke 16 pemberlakuan Tanggap Darurat Bencana, Pemerintah Kota (Pemkot) hanya menerima uang sebesar Rp 100 juta melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Walikota Manado Vicky Lumentut bersama Kepala BPBD Manado Max Tatahede dalam keterangan tertulisnya mengatakan uang yang diterima dari pusat hanya sebesar Rp 100 juta, “Kami hanya menerima uang Rp 100 juta untuk penanganan tanggap darurat bencana di Manado,” tegasnya.

Walaupun uang dari pusat hanya Rp 100 juta, pemerintah kota Manado tetap bekerja maksimal melalui dana Pemerintah Kota, “Pemkot telah mengerahkan 72 alat berat dan 172 truk untuk mengangkat sampah banjir bandang di Manado,” kata Walikota Manado, Vicky Lumentut.

Menurut Lumentut, pihaknya memutuskan memperpanjang masa tanggap darurat bencana hingga 12 Februari mendatang mengingat masih banyak yang harus dikerjakan. Pemulihan paska banjir Manado membutuhkan waktu yang panjang. Banjir telah menenggelamkan hampir 75 persen wilayah Manado. Terdapat 56 kelurahan di 9 kecamatan lumpuh dan 30.000 rumah hanyut.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09057 seconds.