Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Alun-alun Taman Kusuma Wicitra Tulungagung Berita

Tulungagung Kota (SK) - Suasana alun-alun Tulungagung sekarang lebih tertata rapi, atau yang dikenal dengan sebutan Taman Kusuma Wicitra. Kesan asri, hijau, rindang, dan menyejukkan akan terucap dalam hati setiap orang yang singgah di sini. Hampir setiap hari libur atau malam panjang, alun-alun ramai pengunjung. Sekedar santai, atau sedang melakukan aktivitas lain seperti olah raga, bermain, atau pun berlatih sesuatu.

Jika anda kebetulan bepergian ke Jawa Timur khususnya kota kecil silahkan  mampir saja ke kota Tulungagung. Kota kecil yang terus berkembang ini akan menyambut anda dengan berbagai tujuan wisata baik itu alam, budaya, sejarah maupun kuliner. Semuanya bisa dijangkau dengan akses yang relatif sudah cukup bagus.

Tata letak yang berada di pusat kota Tulungagung, diapit oleh gedung -gedung diantaranya : Masjid Al Munawar disebelah Barat, Kantor Pos Tulungagung di samping masjid, sebelah utara Pendopo sebagai pusat pengendali Pemerintahan, sebelah Timur Perpustakaan dan Kantor Dewan dan sebelah selatan terdapat Hotel . Alun-alun yang dulunya berupa lapangan rumput kosong telah disulap menjadi paru-paru sekaligus taman kota. Di taman Kusuma Wicitra ini anda bisa duduk-duduk menikmati hari diantara rindangnya pepohonan dan ratusan merpati yang dibiarkan hidup bebas. Biasanya setiap sore hari taman ini ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar dengan membawa putra-putri kecilnya.

Tata kota Tulungagung sangat dipengaruhi oleh arsitektur kota kerajaan Mataram. Pusat kota merupakan pusat kendali pemerintahan.  Seiring lajunya peradaban modern, pusat kota Tulungagung juga termodifikasi meskipun sisa-sisa tata kota kerajaan ini masih sangat terasa. Tanah lapang sebagai pusat kota telah disulap menjadi taman yang asri bernama Taman Kusuma Wicitra.

Saya hanya membayangkan, alangkah senangnya seandainya orang yang berkunjung ke tempat ini tidak hanya sekedar nongkrong-nongkrong, menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih untuk bersantai sambil cuci mata menikmati pesona taman ini, tetapi juga diarahkan agar mereka dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang lebih produktif dan bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan potensi dan kreativitas yang mereka miliki.

Fasilitas yang tersedia di alun alun ini membaca pencitraan yang mendukung dari pendidikan yang tersedinya Wifi dan Perpustakaan sebagai lahan baca, ibadah tersedianya masjid untuk kita bisa melaksanakan ibadah, ekonomi terbukti banyaknya kelontong untuk membeli makanan dan minuman, kantorpos dan Hotel sebagai penginapan. Keasrian dan kebersihan ini bisa di pertahankan oleh siapa saja pengunjung, sehingga Tulungagung tetap indah dan Asri. Sesuai dengan Slogannya " Tulungagung yang Adem Tentrem Mulyo lan Tinoto ". (Tuti, Al Azhaar FM)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08963 seconds.