Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Pemeliharaan Hutan Bakau di Pulau Mantehage Berita

Wori, SuaraKomunitas.Net- Upaya pelestarian hutan Mangrove di Desa Tinongko, Pulau Mantehage, Kecamatan Wori, Minahasa Utara terus dilakukan masyarakat setempat melalui pemeliharaan tanaman tersebut secara berkala. Bakau di kawasan Pulau Mantehage ini dikembangkan warga setempat melalui pembiayaan PNPM Mandiri.

Fadli, Ketua TPK PNPM Mandiri Desa Tinongko menjelaskan setiap bulan ada pelestarian yang dilakukan para pelaku PNPM di lokasi penanaman mangrove untuk memastikan pertumbuhan bakau lebih bagus, “Pelaku PNPM melakukan perawatan dan usaha-usaha menyukseskan dan mendukung usaha-usaha itu,” katanya kepada reporter radio komunitas Gelora Mantehage (GEMA) FM.

Sedangkan ketika ditanya mengenai Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP), ia mengatakan masih terdapat kendala namun masih bisa diatasi pihaknya bersama kelompok-kelompok yangg ada, “Masih ada sedikit kendala yang dihadapi terutama dalam penyetoran tunggakan,” jelasnya.

Desa Tinongko sendiri bersama tiga desa lainnya di Pulau Mantehage pada tahun anggaran 2013 ini tidak mendapat pembiayaan PNPM Mandiri karena usaha mereka kandas di perengkingan. Kegagalan mendapat anggaran PNPM Mandiri ini sempat membuat seluruh Kepala Desa di pulau tersebut marah dan mewarning pemerintah agar tidak pilih kasih.

Dari data yang berhasil dirangkum GEMA FM, para Kepala Desa ini menyebut telah terjadi ketidakadilan terhadap masyarakat di wilayah kepulauan. Mereka berharap pemerintah daerah menepati janjinya untuk memajukan wilayah kepulauan sebagai garis depan nusantara.

Selain penanaman bakau, anggaran PNPM Mandiri Perdesaan di Mantehage digunakan untuk pembangunan fisik sarana jalan penghubung antar desa, “Ada pembuatan jalan penghubung antara desa Tinongko dan Bango. Sesuai pengajuan ada sekira 228 meter, dan terealisasi sekitar 300 meter atas antusiasme swadaya masyarakat yang besar,” lanjut Fadli. (Volla)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09076 seconds.