Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

SAID Memperkuat Pengelolaan Pembangunan Desa Berita

Wikabubak, SK - Pengalaman lapangan dalam pendampingi desa di Sumba Barat, ada banyak cerita yang menggambarkan tentang seluk-beluk dalam membangun desa, baik positif maupun negatif. Desa sebagai ujung indikator kemajuan sebuah negara, dimana desa maju maka negara akan maju dan sebaliknya.

Membangun Indonesia dari Desa", "Membangun Sumba Barat Dari Desa". Jargon ini, patut refleksikan dalam pembangunan desa sebagai lembaga pemerintah paling bawah. Namun sejauh ini desa belum mampu melakukan pengelolaan administrasi desa seperti data base yang terupdate secara berkala dan penataan adminstrasi desa secara teratur.

Sesunggunya desa-desa sudah melakukan pengelolaan administrasi desa, namun cenderung tidak memiliki data yang tetap, sehingga terkadang terjadi perbedaan data. Hal ini disebakan tidak adanya pengarsipan data yang baik dan teratur atau data-data desa tidak terdokumentasi dengan baik.

Dengan kondisi ini, ACCESS bersama Mitra Strategisnya COMBINE menawarkan metode yang spektakuler yaitu SAID (Sistem Administrasi dan Informasi Desa). Dengan metode ini sebagai pendamping lapangan, kami memiliki keyakinan jika metode ini sungguh dimanfaatkan dalam desa, karena dengan metode ini akan mempermudah Pemerintah desa dalam pengelolaan administrasi desa dalam melakukan layanan adminstrasi desa dan dalam menyediakan data dan informasi bagi program lain. Selain itu SAID juga bermanfaat sebagai ruang promosi dan advokasi terhadap para pihak dalam mengoptimalkan pegelolaan pembangunan desa. Manfaat lain SAID bagi Pemerintah desa adalah mempermudah kerja-kerja administrasi dan pengelolaan data bagi Pemdes.

Desa Yang terlibat dalam Pelatihan SAID ada 3 Desa yaitu Desa Patiala Bawa, Desa Anawolu dan Weimanga (Peserta dari Desa Weimangoma tidak hadir karena Konflik sosial) dan 6 orang staf Yayasan Bahtera (3 orang laki, 3 orang perempuan) dan Pemerintah Kecamatan (Kec. Lamboya dan Wanukaka) dan Daerah (BPMD dan Bagian Pemde) selain peserta dari Sumba Barat kegiatan ini juga diikuti dari Pemerintah Desa Sumba Tengah bersama pemerintah daerahnya. (Cosmos Kaka)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.0887 seconds.