Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Pemanfaatan Potensi Desa untuk Pengembangan dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Berita

Desa Katiku Luku merupakan desa yang terletak di bagian selatan Kabupaten Sumba Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur. Di sana terdapat potensi pertanian yang dapat mendukung aktifitas dan kerja masyarakat untuk mengolah lahan dalam meningkatkan kebutuhan ekonomi keluarga.

Salah satu potensi pertanian yang sangat mendukung adalah pengembangan tanaman wortel. Masayarakat sudah mulai mengebangkan tanaman wortel sejak tahun 2009 di Dusun Lai Muda yang awalnya dikembangkan oleh Ibu Margareta, istri Kepala Desa. Masyarakat kemudian mengikuti apa yang dilakukan oleh ibu Margaretha setelah masyarakat melihat dan mengetahui tanaman wortel sangat cocok dikembangkan di desa Katiku Luku guna mendukung peningkatan ekonomi keluarga.

Dari tahun ke tahun potensi ini terus dikembangkan oleh masyarakat yang akhirnya sangat mendukung peningkatan ekonomi keluarga, dimana dari hasil tersebut ada beberapa rumah tangga yang sudah mampu menyekolahkan anak sampai ke perguruan tinggi dan ada juga yang bisa membangun rumah.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08961 seconds.