Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Kreativitas Perempuan dalam Mengembangan Pangan Lokal Berita

Di Hamparan Matawai Amahu Pada Djara Hamu terletak sebuah Desa yang jaraknya kurang lebih 30 km dari pusat kota, dan terkenal sebagai Desa kering karena berada jauh dari sumber air. Desa tersebut adalah Desa Makamenggit. Meskipun kondisi Desa seperti itu, namun kaum perempuan masih bersemangat untuk melakukan berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan PKK Desa Makamenggit. Dalam memperingati HUT–RI yang ke-68 panitia HUT RI menyelenggarakan Lomba Memasak Pangan Lokal di Kecamatan yang di ikuti oleh 8 Desa perwakilan ibu- ibu PKK.

Dalam lomba tersebut Ibu – ibu PKK Desa Makamenggit meraih juara pertama ,sebagai bukti dari inspirasi kaum perempuan Desa Makamenggit, membuat sebuah tumpeng raksasa yang bahannya dari pangan lokal yaitu (ubi kayu/jalar dan kelapa) yang di olah menjadi sebuah tumpeng raksasa. Biasanya kita hanya mengetahui bahwa tumpeng hanya bisa di buat dari beras dan jagung saja.

Munculnya ide-ide perempuan inspiratif ini karena ada kerjasama antara Acces dan Konsosium dalam menyelenggara lokakarya perempuan inspiratif di tingkat kabupaten yang di ikuti oleh 33 Desa dampingan dan sudah terbentuk Forum perempuan Inspiratif.

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.08974 seconds.