Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

50 JUTA UNTUK TENAGA PENDAMPING MASYARAKAT Berita

  •  BKM Tunas Karya Mandiri Tangkil Kulon Adakan Seleksi Tim Ahli

Pekalongan, Suarakomunitas.net.

Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) Desa Tangkil Kulon Kecamatan Kedungwuni kabupaten Pekalongan diarahkan pada penataan kawasan permukiman padat, kumuh, miskin (pakumis) dan pengembangan sektor agrowisata organik guna meningkatkan ekonomi warga miskin masyarakat desa tersebut. Sebagai tahapan pelaksanaan program tersebut Jum'at 14 Juni 2013 lalu diadakan seleksi Tenaga Ahli Perencanaan dan Pemasaran (TAPP) yang diselenggarakan secara marathon  di balai desa setempat

Seleksi dimulai dari pukul 14.00 WIB hingga berakhir pukul 24.00 WIB. Pada tahapan awal, pukul 14.00 WIB, seluruh peserta melakukan regristrasi dan dilanjutkan dengan observasi lingkungan. Dilanjutkan pukul 16.00 WIB peserta membuat bahan presentasi atau pemaparan hasil observasi dan pukul 20.00 - 24.00 WIB dilakukan paparan dan seleksi wawancara oleh tim penilai yang terdiri dari wakil pemerintah desa, perwakilan BKM Tunas Karya Mandiri, Tim Inti Perencanaan Partisipatif, Konsultan PNPM-MP Kab. Pekalongan, dan TimTeknis dari dinas PU Dirjen Cipta Karya Kabupaten Pekalongan.

"Dari total 13 Aplikasi lamaran yang masuk, hanya 7 yang lolos seleksi administrasi yang kemudian diundang untuk seleksi paparan dan wawancara, namun hanya 2 tim yang lolos seleksi paparan." demikian diungkapkan oleh Buono, koordinator BKM Tunas Karya Mandiri. Saat presentasi pemaparan program penataan wilayah desa yang terkenal dengan hamparan padi yang menghijau, industri konfeksi dan opak singkong ini para peserta diuji dengan pertanyaan-pertanyaan oleh panelis berkaitan dengan komitmen, program dan pengetahuan mereka mengenai penataan wilayah, pemasaran, pemasaran sosial, dan pola pendampingan masyarakat.

Dalam paparannya tim dari Deka yang digawangi oleh Sutiknyo, STP. memberikan presentasi untuk menjadikan Tangkil Kulon Swasembada pangan, daging, susu telur dan energi dengan penerapan pola pertanian terpadu, pengolahan limbah komunal dan penataan lingkungan padat kumuh dan miskin. Sementara itu Mardiyanah memaparkan mengenai penanganan permasalahan yang ada di desa Tangkil Kulon.

BKM Tunas Karya Mandiri mengalokasikan 50 juta untuk membayar TAPP yang nantinya mendampingi program PLPBK desa Tangkil Kulon. Mustajab, salah seorang panelis mengatakan bahwa "Kami akan melakukan seleksi lebih lanjut untuk pendamping Ahli di Desa Tangkil Kulon, mengingat seleksi saat ini masih belum menemukan Tenaga Ahli terbaik yang kami inginkan. Memang penampilan dan program yang disajikan oleh dua perserta kali ini sudah bagus, namun kami akan melakukan recruitment  TAPP lagi untuk mendapatkan pembanding yang lebih berkualitas. Bagi masyarakat yang berminat mengembangkan desa Tangkil Kulon sebagai pusat agrowisata di Kabupaten Pekalongan dipersilakan untuk megajukan aplikasi lamaran yang dapat dikirim ke Balai Desa Tangkil Kulon Kecamatan Kedungwuni  Kabupaten Pekalongan atau melalui email ke bkmtunaskaryamandiri@gmail.com " ungkapnya.

 

(Mandiri FM melaporkan).

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09557 seconds.