Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

cengkeh komoditi andalan masyarakat adat sando batu Berita

Swara Sando Batu Fm - Cengkeh merupakan Salah satu komoditi andalan masyarakat adat sando batu desa leppangeng saat ini selain kopi . data yang diperoleh dari kelompok tani yang tergabung dalam gapoktan bina tani luas lahan

perkebunan cengkeh di Desa leppangeng saat ini sekitar 750 Ha yang tersebar di lima dusun yaitu; Bolapetti, Pasangridi, Walawala, Galung dan Lengke.
lahan perkebunan cengkeh dari kelima dusun tersebut terluas di dusun Lengke V lengke dengan rata-rata 1,5 Ha/kk dengan jumlah KK 115. kemudian dusun IV Walawala dengan rata 1,2 Ha/ KK jumlah KK 60.kemudian dusun II pasangridi dengan Rata-rata 1 Ha/KK, selanjutnya dusun I Bolapetti rata-rata 0,8/KK, terakhir dusun IV Galung 0,5 Ha/KK.

salah satu potensi dari pohon cengkeh yang belum dikelola di desa leppangeng sekarang ini adalah minyak daun cengkeh.saat ditemui pewarta (SK) di sela-sela pelatihan petani kopi dan cengkeh kepala seksi bagian pengolahan hasil perkebunan Ir.Mihzan menyampaikan bahwa proposal penyulingan minyak atsiri daun cengkeh yang telah diajukan oleh kelompok tani "Sipikassingi"tahun 2012 yang akan terus diperjuangkan di Badan Pengelolahan dan Pemasaran hasil Perkebunan P2HP, mengingat cengkeh di desa leppangeng yang sangat potensial. (Asiz)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.09265 seconds.