Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Hari Anti Tambang Diisi Aksi Damai Tuntut PT.DPM Ditutup Berita

Dairi (suarakomunitas.net) Memperingati Hari Anti Tambang di Kabupaten Dairi, ratusan warga yang menolak kehadiran perusahaan pertambangan PT.Dairi Prima Mineral (PT.DPM) mengadakan aksi damai di depan kantor DPRD Dairi dan Kantor Bupati Dairi Jalan Sisingamangaraja Kota Sidikalang Rabu (29/5). 

Aksi kali ini sangat jauh berbeda dengan aksi yang biasanya dilakukan masyarakat. Warga yang melakukan Aksi Damai secara bersama-sama berlutut (marsinggang) di halaman kantor Bupati Dairi sembari memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar orang-orang yang selama ini rakus dan merusak sumber daya alam diberi pertobatan.
"Kami juga mendoakan agar Pemerintah Kabupaten Dairi dan Anggota DPRD Dairi yang selama ini tidak pro rakyat menjadi sadar karena tanah bagi kami adalah kehidupan,"kata Nita, salah seorang dari warga yang melakukan aksi damai.
Warga yang menamakan dirinya Forum Masyarakat Pecinta Lingkungan Hidup juga membawa sebuah Water Close (WC)/Toilet untuk memberikan gambaran kepada Pemkab.Dairi dan DPRD bahwa Tanah warga bukanlah Tolilet atau tempat pembuangan limbah dari perusahaan tambang.
Selain itu,adanya juga poster-poster yang bertuliskan "Masyarakat Dairi sejahtera tanpa TAMBANG", "Tuan Bakrie jangan jadikan Dairi Menjadi lumpur lapindo Jilid 2" dan "jangan gadaikan Hutan lindung pada Tuan Bakrie".
Saur Tumiur Situmorang, salah seorang anggota Komnas HAM Perempuan sedang berada di Jakarta berpesan, selamat berjuang tanpa kekerasan kawan-kawan. Tetap semangat. Jangan pernah membiarkan Dairi dan daerah lain mengalami derita seperti pengalaman korban Lumpur Lapindo, Freeport, maupun Newmont dan Indorayon/TPL.(andi)

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.10233 seconds.