Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Simpan Pinjam Perempuan Tingkatkan Pendapatan Keluarga Berita

Tarik, Sidoarjo (Suara Komunitas.net)-Turunnya dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) PNPM mandiri perdesaan di desa kedinding kecamatan tarik berhasil mendorong tumbuhnya pelaku usaha kecil baru. Dengan diterimanya modal usaha melalui SPP ini, perempuan bisa membantu menopang ekonomi keluarga. Sebanyak sepuluh kelompok telah menerima dana pinjaman perguliran tersebut minggu lalu.

Kelompok SPP yang menerima dana perguliran terdiri beberapa kegiatan usaha, mulai usaha kerajinan manik-manik, tas pesta dan toko kelontong. Salah satu anggota kelompok penerima manfaat SPP, Mulika (52), menjelaskan jika dirinya senang dengan diterimanya dana perguliran ini. Dengan dana ini dirinya bisa membuka usaha kerajinan tas pesta. “Alhamdulillah, dengan dana ini saya bisa membuka usaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga, apalagi saya janda,” urai Mulika dengan berbinar.

Disela-sela kesibukannya mencairkan dana SPP (15/4), Suhermin, Bendahara UPK PNPM Mandiri Perdesaan kecamatan Tarik menceritakan bahwa delapan kelompok SPP merupakan perguliran dana yang keempat sedangkan dua kelompok masih perguliran yang pertama. “Dana yang didapatkan oleh kelompok SPP bervariasi, untuk yang perguliran keempat setiap anggota mendapat Rp 3 Juta, sedangkan yang pertama hanya Rp 1 Juta,” jelas Suhermin.

Sementara, Sudono Kades Desa kedinding merasa senang, dengan banyaknya perempuan yang mendapat dana SPP perekonomian didesanya semakin menggeliat. “Dana SPP ini sangat membantu perekonomian desa, terbukti jumlah warga miskin semakin menurun,” jelasnya. Masih menurut Sudono, selain sepuluh kelompok masih ada kelompok lain yang mengajukan dana SPP, namun masih dalam tahap verifikasi. (Cak Wid, Pendowo FM)
 

Komentar (0)

Belum ada komentar pada tulisan ini. Silakan jadi komentator pertama dengan mengisikan formulir disamping
Page generated in 0.4102 seconds.