Suara Komunitas
Saatnya warga bersuara, tidak hanya disuarakan

Saksi Gempa Meluncur ke Padang Berita

Usai mengemas perlengkapan, pukul 21.00 malam ini (3/10/2009),  Tim Saksi Gempa, Combine Resource Institution (CRI) meluncur ke Padang. Rute perjalanan pertama adalah Jogjakarta-Jakarta. Skenario pertama, Tim Saksi Gempa akan menuju Lapangan Udara Halim Perdanakusuma untuk melobi penggunaan pesawat Herkules menuju ke Padang. Bila skenario ini gagal, Tim akan menggunakan pesawat biasa. Peralatan akan diangkut lewat jasa kargo.

 Budi Hermanto, Manajer Pengembangan Kapasitas dan Jejaring CRI, mengatakan Tim Saksi Gempa akan berkoordinasi dengan Jaringan Radio Komunitas (JRK) Sumatra Barat untuk mendirikan radio darurat. Kegiatan utama tim adalah membantu Satuan Koordinasi dan Pelaksana (Satkorlak) Penanggulangan Bencana Sumatra Barat dalam bidang pengelolaan informasi kebencanaan.

"Pengelolaan informasi penting dilakukan agar korban, sukarelawan, dan bantuan tepat sasaran. Jaringan radio komunitas dapat berperan dalam menangani kegiatan ini," ujar Budhi saat pemberangkatan tim Saksi Gempa.

Tim Saksi Gempa dilengkapi dengan teknologi informasi dan komunikasi, baik teknologi cetak, internet, dan radio. Peralatan tersebut akan membantu kerja-kerja pengelolaan informasi di daerah-daerah yang terkena gempa parah. Pengelolaan informasi akan membantu para korban untuk mendapatkan jalan keluar yang tepat saat fase tanggap darurat.

Komentar (8)

  • 9 Okt 09 17:00 wib azwar mardin

    kecamatan IV koto aur malintang 4.081/KK rumah mereka rusak berat 12 orang meninggal ditimpa reruntuhan rumah akibat gempa 30 september 2009 kemaren,sapai hari ini masyarakat masih bertahan dibawah tempat pengunsian yang terbuat dari bambu beratapan plastik, yang dibutukan warga adalah Tenda keluarga, kain selimut, air bersih dan makanan pokok. sampai hari ini masarakat sebagian besarnya yang berada dipelosok perkampungan belum mendapat bantuan tenda-tenda. (azwar mardin/ SUANDRI FM BATU BASA)

  • 9 Okt 09 17:00 wib azwar mardin

    radio komunitas suandri fm mengudara kembali di kawasan IV koto aur malintang kab. padang pariaman untuk menyapaikan informasi kepada masyarakat dan menjebatani kebutuhan masyarakat pasca gempa 30 september 2009 yang lalu.dalam hal ini kami mengucapkan terimkasih kepada RADIO NRW , kepada MEDIA VHR kepada Teman2 di radio komunitas sumatera Barat, dan kepada temen di LSM,membantu kami dengan bantuan/pinjaman seperangkat pemancar.

  • 3 Okt 09 17:00 wib imam prakoso

    Laporan dari Jufri Nazaruddin, Wakil Ketua JRK Sumbar dari radio AGRO FM Bukitinggi: Data terakhir sampai Sabtu pukul 21.00 WIB, jumlah korban gempa Sumatera Barat di Kabupaten Agam yang telah berhasil di evakuasi, kami terima dari ketua Satkorlak Kab. Agam sebanyak 33 orang, terdapat di 4 kecamatan yaitu : 24 org di kec. Malalak, 2 org di kec. Lubuk Basung, 6 org di kec. Tanjung Mutiara, 1 org di kec. IV Nagari. Jumlah ini akan tetap bertambah karena masih ada sekitar 43 org lagi yang masih tertimbun di Kec. Malalak. SEBAGAI TAMBAHAN, diterima laporan dari Satkorlak Kab. Agam,(Kepala KESBANGLINMAS KAB. AGAM, DRS. MARTIAS WANTO) 50 orang warga yang tertimbun longsor akibat gempa Sumatera Barat di Kenagarian Malalak Selatan, kecamatan Malalak Kab. Agam, Kemaren Sabtu Tgl. 4/10, telah berhasil di evakuasi sebanyak 6 Orang. Keenam orang tersebut telah meninggal dunia. sulitnya medan dan banyaknya material reruntuhan team penyelamat sangat kesulitan untuk melakukan evakuasi, walaupun telah memakai 2 unit alat berat (escavator).

  • 2 Okt 09 17:00 wib sanuri

    Selamat berjuang teman-teman, hanya doa yang bisa kami kirimkan untuk membantu perjuangan teman-teman. Semoga mendapatkan balasan dari Allah SWT. Amin

  • 2 Okt 09 17:00 wib amrun

    Selamat berjuang kawan2, doa kita selalu menyertai.

  • 2 Okt 09 17:00 wib Rifky Indrawan

    Lampung siap bantu sukarelawan. Mobilnya mampir ke Lampung ya...

  • 2 Okt 09 17:00 wib Mia

    Selamat berjuang sobat, doa kami selalu menyertai..

  • 1 Okt 09 17:00 wib ari-Primadona

    Ok selamat berangkat semoga Allah SWT tetap memberikan kesehatan sehingga dapat menjalankan semua tugasnya dengan baik. Salam buat teman-teman kita di sana.

Page generated in 0.09194 seconds.